Selasa, 07 Juli 2020

Pengertian Font End Back End dan Full Stack Web Developer Kamu Web Developer Yang Mana ?

Web Developer merupakan salah pekerjaan yang memiliki banyak peluang, tidak pernah mati dan selalu menawarkan penghasilan yang fantastis. Banyak sekali yang ingin menjadi seorang web developer namun bingung untuk belajar dari mana, dan bimbang karena merasa harus menguasai semua bahasa pemrograman web yang ada. Namun pada dasarnya untuk menjadi web developer seseorang tidak mesti menguasai semuanya,akan tetapi minimal menguasai beberapa keterampilan programming.

Maksudnya bagaimana ? Sebelum anda bingung mau menjadi apa, pada artikel kali ini saya mencoba menjelaskan beberapa lini kerja dari seorang web developer, karena untuk menjadi web developer anda bisa memilih mau sebagai front end developer, back end developer atau menjadi keduanya yaitu full stack developer. Apa itu ? Berikut akan saya jelaskan pengertian dari masing-masing developer web yang saya sebutkan.
Pengertian Font End, Back End dan Full Stack Web Developer, Kamu Web Developer Yang Mana ?

Pengertian Front End Developer

Front End Developer adalah orang yang membuat dan membangun desain antarmuka sebuah website, semua website menarik dengan tampilan yang sangat bagus yang kita lihat pada hari ini merupakan pekerjaan dari seorang front end developer web.

Apa yang harus dikuasai seorang Front End Web Developer ?

Seorang front end web developer harus bisa menguasai beberapa struktur atau bahasa pemrograman diantarnya HTML (Hyper Text Markup Language) yang digunakan untuk membuat struktur atau bentuk web yang ingin dilihat, CSS (Cascading Style Sheet) yang digunakan untuk mempercantik tampilan,memberikan warna dan mengatur perilaku elemen dalam web selain itu harus juga menguasai JS (JavaScript) yang digunakan untuk membuat sebuah website menjadi lebih interaktif.

Pengertian Back End Developer

Back end developer merupakan orang-orang yang bekerja di belakang layar, jika seorang front end bertugas membuat website menjadi cantik dan menarik beda dengan back end, seorang back end developer bertugas untuk membuat website memiliki fungsi dan proses seperti melakukan perhitungan, menjalankan sebuah algoritma, melakukan proses form pendaftaran, mengatur penyimpanan ke database dan masih banyak lagi, sehingga website bisa berfungsi dan menjadi dinamis.

Apa yang harus dikuasai seorang Back End Web Developer ?

Seorang back end web developer harus bisa menguasai beberapa bahasa pemrograman populer yang biasa digunakan di serverside minimal seperti PHP (PHP Hypertext Preprocessor) yang digunakan untuk melakukan proses dari sebuah web dimana php saat ini digunakan sebagai bahasa back end hampir seluruh website yang ada di dunia, selain itu Phyton juga digunakan untuk backend fungsinya sama namun penulisan kode/syntax di phyton lebih singkat,kemudian Node.js yang merupakan teknologi baru karena menggunakan bahasa javascript untuk membuat sebuah back ,dan terakhir yaitu SQL (Structured Query Language) yang merupakan bahasa query yang mengatur sebuah website untuk menyimpan data ke dalam server, singkatnya SQL merupakan bahasa yang mengatur website dan database penyimpanan.

Pengertian Fullstack Developer

Fullstack developer merupakan gabungan dari front end dan back end developer, yang artinya orang-orang yang ingin menjadi fullstack developer harus menguasai ketereampilan seorang front end dan back end secara bersamaan.

Apa yang harus dikuasi seorang Fullstack Developer ?

Berdasarkan pengertian diatas sudah jelas bahwa seorang fullstack developer harus menguasai seluruh bahasa yang digunakan oleh front end dan back end yaitu HTML, CSS, JavaScript, PHP, Phyton, Node.js dan SQL secara bersamaan.

Pada artikel diatas saya sudah menjelaskan secara singkat tentang perbedaan front end,back end dan fullstack developer website yang memudahkan anda yang bimbang untuk memilih salah satu keterampilan diatas, karena untuk bekerja menjadi seorang programmer web anda tidak harus menjadi seorang fullstack namun anda bisa memilih sebagai frontend atau backend developer..

Jika ada yang keliru dari artikel saya ini, silahkan berkomentar untuk menyamakan persepsi, karena artikel ini saya tulis berdasarkan literasi, pengamatan dan pengalaman saya selama bergelut dibidang web proramming.

Menurut kalian, kalian cocok nya yang mana ?, silahkan tuliskan pada kolom komentar dibawah yah !

Halo Cari Apaki? Ketikmi