Selasa, 08 November 2022

Mengenal Roro dan Pupu, Maskot Geopark Maros Pangkep

Mengenal Roro dan Pupu, Maskot Geopark Maros Pangkep - Geopark Maros Pangkep merupakan salah satu primadona baru dalam dunia Geopark. Geopark Maros Pangkep merupakan Geopark Nasional yang menjadi aspiring Unesco Global Geopark dan baru-baru ini telah disetujui dan direkomendasikan sebagai anggota baru Unesco Global Geopark pada Rapat Dewan Councel Geopark UNESCO di Satun UGGp Thailand. Insya Allah penetapan resmi Geopark Maros Pangkep sebagai UGGp akan dilaksanakan pada Maret 2023 di Paris, Prancis.


Sebagai Geopark Nasional dan kandidat Unesco Global Geopark sudah seharusnya Geopark Maros Pangkep memiliki ciri khas dan daya tarik internasional. Salah satu yang menurut saya menjadi daya tarik dan ikonik dari geopark maros pangkep selain dari geosite, biosite dan culturalsitenya adalah Maskot Resmi Geopark Maros Pangkep.


Badan Pengelola Geopark Maros Pangkep Mentapkan Roro dan Pupu sebagai Maskot Resmi Geopark Maros Pangkep yang tentunya menggambarkan ciri khas dari wilayah Maros dan Pangkep, seperti yang kita ketahui garis kawasan Geopark Maros Pangkep meliputi 2 Kabupaten di Sulawesi Selatan yaitu Kabupaten Maros dan Kabupaten Pangkep. 


Jika anda penasaran dengan Roro dan Pupu, mari saya ajak untuk berkenalan dengan Roro dan Pupu:

Mengenal Roro dan Pupu, Maskot Geopark Maros Pangkep
Maskot Resmi Geopark Maros Pangkep - Roro dan Pupu


Maskot Roro

Roro merupakan karakter yang diambil dari burung rangkong yang banyak terdapat di daerah Kabupaten Pangkep. Burung Rangkong merupakan burung berukuran besar yang memiliki paruh yang khas dan menjadi salah satu kekayaan fauna di Indonesia. Karakter Roro sangat cocok untuk menggambarkan Pangkep dimana di bagian sayap terdapat unsur air berwarna biru yang mereprentasikan Pangkep sebagai daerah kepulauan.


Maskot Pupu

Pupu merupakan Karakter yang diambil dari Kupu-Kupu Betina yang memiliki sayap yang indah. Kupu-Kupu merupakan representasi dari Kabupaten Maros dimana disana terdapat museum kupu-kupu yang menyimpan sedikitnya 80 spesies kupu-kupu yang dilindungi pemerintah. Dibagian sayap karakter pupu terdapat lukisan dinding yang menyerupai tapak tangan. Selain itu Kabupaten Maros khususnya di Bantimurung juga dijuluki sebagai Kingdom of Butterfly.

Mengenal Roro dan Pupu, Maskot Geopark Maros Pangkep
Pemberian Maskot Roro dan Pupu dari Abdillah SAS (Ketua Youth Geopark Maros Pangkep, Indonesia) Kepada Delegasi Le Thu Trang (Non Nuoc Cao Bang UGGp, Vietnam), Nur Amal Wafiq (Langkawi UGGp, Malaysia) dan Hotaru Nagano (Itoigawa UGGp, Japan)

Jika ingin bertemu dan berkenalan dengan Maskot Roro dan Pupu ayo berkunjung ke Kawasan Geopark Maros Pangkep, selain bertemu dengan maskot Geopark anda pun bisa menikmati keindahan site yang ada di kawasan geopark maros pangkep, karena geopark maros pangkep adalah tanah masa depan sesuai dengan tag line nya "The Land of Tomorrow".

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi