Sabtu, 10 September 2022

Stop di Kamu ! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital #MakinCakapDigital

Stop di Kamu ! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital #MakinCakapDigital - Dua bulan lalu saya telah menyelesaikan penugasan kedua saya di kegiatan Indonesia #MakinCakapDigital dengan tema Pilah Pilih Sebelum Sebar #MakinCakapDigital, dan ini merupakan penugasan ketiga saya untuk kembali menjadi narasumber yang membahas tentang rekam jejak digital pada tema Stop di Kamu ! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital yang dilaksanakan pada Jum'at, 9 September 2022, pukul 14:00-16:00 Wita.


Webinar kali ini masih ditujukan untuk sektor komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya dengan tujuan Mengenalkan masyarakat tentang literasi digital dan manfaat serta urgensinya, Mengenalkan kepada masyarakat mengenai program literasi digital, Mengajak masyarakat sadar mengenai kecakapan digital dan tertarik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan literasi digital.

Stop di Kamu ! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital #MakinCakapDigital


Narasumber dan mc pada kegiatan ini, bisa dibilang komposisinya hampir sama dengan webinar-webinar sebelumnya, yaitu terdiri dari tiga orang narasumber yang dipandu oleh satu orang moderator dan beberapa juru bahasa isyarat, dan kali ini kami dipandu oleh Mba Reni Risty sebagai moderator yang akan memastikan kegiatan ini berjalan sesuai waktu dan sesuai rencana.


Pemateri 1 Dahlia Febrina (Digimom Indonesia, illustrator, content creator) membawakan materi tentang Gunakan media sosial secara positif dan bijak yang masuk dalam pilar Digital Ethics dan membahas tentang ruang lingkup etika, kompetensi literasi digital terkait netiket, netiket, jenis netiket, macam-macam konten negatif, tindakan etis terhadap konten negatif, dan tips bijak bermedia sosial.

Pemateri 2 Abdillah SAS (Dosen Universitas Bosowa & JaWAra Internet Sehat 2022) membahas tentang Kenali dan pahami: Rekam Jejak di era Digital yang merupakan pilar dari digital Safety yang lebih dalam membahas tentang keamanan digital, kompetensi keamanan digital, rekam jejak digital, contoh jejak digital, jejak digital aktif dan pasif, tips merawat jejak digital.

Stop di Kamu ! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital #MakinCakapDigital

Pemateri 3 Rendy Saputra (Core Team Mitra Muda Unicef Indonesia/JaWAra Internet Sehat SulSel 2022) turut membahas mengenai Tips terhindar dari pelecehan seksual di ranah digital yang masuk dalam pilar digital safety yang mendiskusikan tentang bentuk-bentuk pelecehan seksual di media sosial dan tips mengatasinya.


Disesi tanya jawab saya diberikan kesempatan untuk menjawab tiga pertanyaan dari peserta webinar yang inti pertanyaannya tentang cara berpendapat diruang digital, saran yang bisa diberikan kepada pemerintah untuk melakukan penanangan terhadap pelecehan seksual diruang digital, dan tentang kemanan data pengguna.

Stop di Kamu ! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital #MakinCakapDigital

Yang menarik dari kegiatan #MakinCakapDigital adalah perjuangan saya untuk bisa melakukan tugas multitasking, dimana saya harus berapa di webiner 15 menit sebelum kegiatan berlangsung namun pada hari yang sama saya juga mendapatkan tugas dari kantor untuk menjadi narasumber di salah satu kegiatan Pendampingan Ekonomi Kreatif yang berlokasi di Kabupaten Pangkep dengan waktu hampir hampir sama, Al hasil saya pun berangkat pagi ke pangkep untuk menghemat waktu transisi dari kegiatan webinar ini ke kegiatan pendampingan tersebut.

Stop di Kamu ! Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital #MakinCakapDigital

Demikian cerita mengenai kegiatan #MakinCakapDigital kali ini, harapannya seluruh peserta dapat belajar dengan baik mengenai Lawan Pelecehan Seksual di Media Digital khususnya belajar tentang merawat jejak digital agar tidak mendapat kerugian di kemudian hari. Akhir kata terima kasih banyak untuk ICT Watch dan jaWAra Internet sehat yang telah memfasilitasi kami para jawara untuk berpartisipasi pada kegiatan yang keren ini. Sampai ketemu di kegiatan #MakinCakapDigital selanjutnya.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi