Sabtu, 15 Agustus 2020

Hutan Pinus Bonto-Bonto Maros Camping Ground Masa Depan di Kabupaten Maros

Berbicara tentang hutan pinus di Tompobulu Maros, pasti akan sangat banyak pembahasan, karena banyaknya lokasi hutan pinus yang ada di kecamatan ini, baik yang sudah tersentuh/dikelola maupun hutan pinus yang belum tersentuh oleh masyarakat umum. Setelah kemarin saya bercerita tentang Hutan Pinus Tala-Tala yang juga ada di kecamatan Tompobulu Maros, kali ini saya akan bercerita ke salah satu hutan pinus yang tidak kalah menarik dan tidak kalah indah, yaitu Hutan Pinus Bonto-Bonto, Dusun Bonto-Bonto, Desa Bonto Somba, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan Indonesia.

Hutan pinus bonto-bonto yang terletak di dusun bontosomba ini merupakan hutan pinus yang pernah dijadikan lokasi kegiatan salah satu komunitas yang bertemakan Musik Hutan, yang membuat tempat ini menjadi sedikit terkenal dan juga sering dikunjungi beberapa komunitas untuk kegiatan camping atau sekedar berlibur menikmati suasana pinus yang sejuk dan dingin ini.
Hutan Pinus Bonto-Bonto Maros Camping Ground Keluarga Yang Ramah Anak
Hutan Pinus Bonto-Bonto Serasa Hutan Pinus di Luar Negeri

Alasan mengunjungi hutan pinus ini awalnya untuk menghadiri pesta panen masyarakat dusun bonto-bonto, dari luar hutan pinus ini biasa saja, seperti hutan pinus pada umumnya, namun pada saat memasuki kawasan hutannya dan menapaki jalanan batu yang tersusun rapi layaknya hutan-hutan pinus yang ada diluar negeri.

Saya pun menginap semalam di hutan pinus ini, lalu bercengkrama dengan warga sekitar alhasil saya mendapatkan beberapa informasi seperti hutan pinus bonto-bonto dalam waktu dekat setelah tulisan ini saya tulis, kawasan tersebut akan dikelola untuk dibuat sebagai kawasan wisata andalan di tompobulu.
Hutan Pinus Bonto-Bonto Maros Camping Ground Masa Depan di Kabupaten Maros
Landscape View Hutan Pinus Bonto-Bonto Tompobulu The Exotic Highland
Hutan pinus bonto-bonto akan disulap menjadi salah satu camping ground di maros yang cocok untuk tempat wisata keluarga, selain itu tempat ini juga akan dibuat menjadi tempat yang ramah anak sehingga para orang tua tidak perlu takut untuk membawa buah hatinya berlibur ke tempat ini.
Hutan Pinus Bonto-Bonto Maros Camping Ground Keluarga Yang Ramah Anak
Hutan Pinus Bonto-Bonto Sebagai Camping Ground (Property Tenda By Jalan-Jalan Seru Maros)

Selain itu tempat ini akan dilengkapi dengan fasilitas umum seperti wc, air bersih, tempat duduk yang terbuat dari kayu alami, beberapa tempat berteduh dari kanopi dan jika memungkinkan bukan hanya hutan pinus ini yang jadi objek wisata namun dusun bonto-bonto dan desa bontomanurung dijadikan desa wisata di kecamatan tompobolu yang mengambil tag line Tompobulu The Exotic Highland.

Banyak hal yang bisa dilakukan di tempat ini, seperti menikmati pinus dingin dengan tiduran di rumput rapi, mengambil foto yang instagramable, camping dengan tenda karena di dekat hutan pinus ini ada sumber air alami (sungai yang mengalir), anda juga bisa menghubungi keluarga anda melalui handphone karena beberapa tempat di hutan pinus ini ada signal hingga signal 4G.
Hutan Pinus Bonto-Bonto Maros Camping Ground Keluarga Yang Ramah Anak
Sumber Air Yang Letaknya Kurang Lebih 300 Meter dibawah Hutan Pinus Bonto-Bonto

Perjalanan untuk ketempat ini cukup jauh, meskipun jalanannya masih berupa tanah yang ketika hujan akan becek dan licin, namun pada musim kemarau jalanan ini aman untuk dilalui motor dan mobil. Perjalanan ke tempat ini dari kota maros dilalui dengan jarak tempuh kurang lebih 2 jam, anda bisa memarkir kendaraan anda di depan kantor desa bontosomba lalu berjalan kaki kurang lebih 100 meter ke hutan pinus bonto-bonto.

Demikian tulisan saya tentang salah satu destinasi wisata hutan pinus di kabupaten Maros ini, yang bisa anda gunakan sebagai tempat wisata keluarga, tempat camping bersama komunitas, atau tempat untuk menenangkan diri dari dari penatnya pekerjaan dan keramaian kota.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi