Senin, 29 Juni 2020

Sensasi Spring Autumn di Hutan Pinus Tala-Tala Maros

Hutan Pinus selalu menjadi salah satu destinasi alam tersejuk yang terdapat diberbagai daerah di Indonesia termasuk juga di daerah domisili saya yaitu Sulawesi Selatan, dimana hampir seluruh kabupatennya memiliki potensi hutan pinus. Dari seluruh hutan pinus yang ada di Sulawesi Selatan yang paling terkenal hanya Hutan Pinus Malino yang ada di Kabupaten Gowa. Namun sekali lagi hutan pinus malino bukanlah satu satunya hutan pinus yang bisa menjadi destinasi wisata untuk santai maupun untuk sekedar berburu foto keren yang instagramable.

Didaerah Maros yang merupakan tempat tinggal saya juga ada banyak destinasi wisata hutan pinus yaitu hutan pendidikan unhas cenrana, hutan pinus katoang, hutan pinus bara, hutan pinus tala-tala dan masih banyak hutan pinus lain di Kabupaten Maros.
Sensasi Spring Autumn di Hutan Pinus Tala-Tala
Spot Foto Instagramable di Hutan Pinus Tala-Tala Maros

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas sedikit tentang Hutan Pinus Tala-Tala yang terletak di Dusun Tala-Tala, Desa Bontomanai, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia, dimana hutan pinus tala-tala merupakan Kawasan hutan nasional dengan luas kurang lebih 50 hektare.

Pertama kali saya menginjakkan kaki di hutan pinus tala-tala pada tahun 2016 lalu sebelum kebakaran di hutan pinus tala-tala terjadi, yang pada saat itu suasananya masih sangat asri, indah dan belum ada batang pinus  yang menghitam akibat kebakaran. Meskipun hutan pinus ini sudah terbakar namun hutan pinus ini masih memberikan keindahan dan kesejukan.
Sensasi Spring Autumn di Hutan Pinus Tala-Tala
Hamparan Pohon Pinus di Hutan Pinus Tala-Tala Kabupaten Maros

Salah satu efek samping dari kebakaran yang terjadi di masa lalu tersebut, yaitu banyaknya batang pinus yang hitam dan mengakibatkan beberapa pohon pinus bagian kanan ketika kita masuk telihat mati dan bagian kiri masih subur nan hijau.

Dibalik bencana kebakaran yang terjadi di masa lampu, kini hutan pinus tala-tala memiliki wajah baru yaitu sebelah kanan lahan hutan pinus pada pohon yang mati daunnya nampak kecoklatan layaknya musim gugur (autumn) dan sebelah kiri lahan pinus yang hijau dan subur layaknya musim semi (spring). Sesuai dengan judul tulisan saya, jika anda pergi ke hutan pinus tala-tala maros saat ini anda akan dapat merasakan sensasi dua musim yang berbeda dalam satu tempat.
Sensasi Spring Autumn di Hutan Pinus Tala-Tala
Spot Foto Dua Musim, Sebelah Kiri Autumn, Sebelah Kanan Spring

Untuk bisa mengunjungi hutan pinus tala-tala sebaiknya teman-teman membaca tulisan saya tentang Wisata Alam Hutan Pinus Tala-Tala Maros yang ada di blog wisata saya, dimana saya menjelaskan dan mediskripsikan tempat ini secara detail.

Demikin tulisan saya tentang salah satu destinasi wisata hutan pinus di Kabupaten Maros ini, yang bisa anda gunakan sebagai alternatif hutan pinus malino dikalah liburan dan ingin merasakan sensasi pinus dalam kesunyian. Sebagai tambahan informasi, beberapa tahun kedepan anda masih bebas untuk mengunjungi hutan pinus tala-tala sebelum tempat ini dijadikan sebagai Sekolah Polisi Nasional (SPN) POLRI, jadi jika ada waktu berkunjung lah selagi masih bebas dan gratis.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi