Senin, 21 September 2020

Social Media Marketing (Pemasaran Sosial Media) - Materi Digital Marketing 2

Social Media Marketing (Pemasaran Sosial Media) - Materi Digital Marketing 2, Setelah mempelajari tentang pengantar digital marketing yang memberikan pemahaman tentang cara memasarkan maupun mengiklankan produk melalui platform digital dengan banyak cara baik dari mesin pencari, media sosial, email maupun media online lainnya.


Kali ini kita akan secara khusus membahas tentang social media marketing yang merupakan salah satu bagian dan cara untuk melakukan kegiatan digital marketing. Karena media ini dianggap salah satu tempat media digital marketing yang paling efektif.


Rata-rata orang menghabiskan banyak waktu dalam menggunakan media sosial kurang lebih 1-2 jam perhari Apalagi di masa pandemi seperti itu ini, aktifitas orang-orang hampir semuanya terjadi secara online, mulai dari pekerjaan, belanja, hingga transaksi perbankan, maka dari itu sosial media marketing memiliki prospek yang sangat tinggi untuk mengiklankan dan memasarkan sebuah produk atau brand.


Untuk membantu anda memahami tentang social media marketing sebaiknya kita mengerti dulu tentang pengertian social media, dan jenis-jenis social media yang sering digunakan saat ini.

Social Media Marketing (Pemasaran Sosial Media) - Materi Digital Marketing 2


Pengertian Social Media

Social media adalah salah satu cara bagi orang untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara online. Ddalam 10 tahun terakhir ini telah melihat bagaimana social media terus bertambah dan menjadi semakin popular. Dalam beberapa tahun terakhir ini, membuat konten juga sudah menjadi semakin gampang dan simple. Konten yang dibuat dipublikasikan platform blog, forum dan youtube lalu dari platform tersebut mereka mempromosikan konten mereka di berbagai platform media sosial agar menjangkau lebih banyak pembaca.


Untuk bisnis, pergeseran konsumerisme web dan meningkatknya penggunaan social media membawa peluang dan tanggung jawab. Jumlah data yang sangat banyak yang disediakan pelanggan melalui media sosial saja dapat membuat web marketer semangat dalam mengeksekusi strategi marketing mereka. Tetapi sebenarnya social media menciptakan peluang bagi bisnis untuk membangun hubungan yang langsung dan berkelanjutan dengan pelanggan bisnis mereka. Anda memiliki tanggung jawab untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan mereka. Perilaku konsumen sendiri sudah berubah, termasuk ekspektasi mereka. Dengan kata lain, Anda bisa memulai percakapan dengan pelanggan Anda melalui social media. Anda bisa menggunakan social media untuk mengetahui apa yang pelanggan Anda suka dan tidak suka serta apa yang mereka inginkan dari bisnis atau brand Anda.


Mengapa Digital Marketing Harus dilakukan di Sosial Media ?

Berdasarkan pengamatan bahwa seseorang memutuskan untuk membeli sebuah produk dipengaruhi oleh postingan sosial media teman-temannya. Dengan kata lain ketika calon pembeli (calon konsumen) mengikuti sosial media anda, anda tidak hanya berteman dengan pengikut anda namun anda juga akan mempengaruhi mereka dengan postingan anda tentang sebuah produk.


Selain di pengaruhi oleh postingan teman, biasanya para pengikut juga dipengaruhi oleh ulasan atau review seseorang yang telah menggunakan salah satu produk di media sosial mereka. Hal tersebut dijadikan referensi untuk melakukan pembelian terhadap produk tertentu.


Selain itu testimoni atau komentar yang baik pada produk di media sosial anda akan mempengaruhi banyak pengguna media sosial untuk memutuskan membeli atau tidak membeli barang anda.


Kesimpulannya Pengguna media sosial saat ini akan lebih mudah menemukan brand atau produk berkualitas melalui media sosial, karena media sosial memberikan kemudahan para pelanggan dalam mencari tau tentang bisnis atau brand, serta bisa langsung melihat review dan opini dan pengguna lain.


Jenis Sosial Media Yang Cocok Untuk Kegiatan Digital Marketing


Facebook

Facebook adalah salah satu social media yang paling banyak digunakan saat ini. Saat ini pages untuk brands di facebook sudah benar-benar di optimasi untuk bisnis. Customer bisa melihat waktu operasional business Anda dan lokasi toko Anda melalui fitur maps. Tidak hanya itu, customer juga bisa meninggalkan review dan melihat konten-konten terbaru Anda. Facebook juga menyediakan CTA untuk pages for brands untuk membantu bisnis Anda mencapai goal social media marketing Anda.


Ada banyak bisnis menggunakan Facebook sebagai platform utama dalam strategi social media marketing mereka. Bisnis-bisnis tersebut fokus dalam mengelola halaman Facebook mereka. Ini adalah strategi yang baik. Tetapi Anda perlu memperhatikan bahwa algoritma terbaru Facebook akan mempengaruhi jangkauan audience Anda. Jika Anda ingin menjangkau audience baru dengan cepat, Anda juga bisa menggunakan layanan Facebook ad.


Selain itu anda juga bisa mendapatkan uang dari facebook dengan cara mendaftarkan halaman anda yang memiliki 10K pengikut di Facebook Creator.


Twitter

Twitter memang mengalami naik turun dalam popularitasnya sebagai tool social media marketing. Meski begitu, Twitter tetap bisa bertahan dan banyak bisnis yang masih menggunakan twitter untuk strategi marketingnya. Twitter sendiri sebenarnya hanya akan efektif menjadi marketing tool jika Anda bisa memulai percakapan di Twitter. 


Ada banyak bisnis yang menggunakan twitter hanya untuk meletakkan link ke blog mereka tanpa melakukan engagement yang berarti. Jika Anda tidak memulai percakapan dengan user lain, marketing Anda tidak akan efektif di Twitter. Di Twitter, Anda bisa membuat polls dan konten-konten yang diakhiri dengan pertanyaan untuk memulai percakapan. Ini agar Anda mendapat lebih banyak retweet dan response. Twitter chat juga adalah salah satu cara yang bagus untuk menjaga hubungan dengan komunitas dan memulai percakapan tentang bisnis Anda.


Instagram

Instagram memang dimiliki Facebook, tetapi mereka adalah platform yang berbeda dengan Facebook. Instagram adalah platform yang lebih mengutamakan visual dengan estetik yang mengagumkan dan video menarik di seluruh platformnya. 


Pengguna Instagram juga terus meningkat dan Instagram memiliki engagement rate paling tinggi dibanding dengan platform social media lainnya. Walaupun mereka juga merubah algoritma Instagram dan sekarang tidak lagi kronologis, profil bisnis Instagram tidak mengalami penurunan sebesar yang terjadi dengan algoritma baru Facebook. 


Untuk memanfaatkan Instagram, Anda sebaiknya menggunakan semua fitur yang disediakan oleh Instagram. Anda bisa membuat stories, posting foto setiap hari, dan gunakan hashtag yang relevan untuk memulai percakapan dan mendapatkan follower baru. 


Selain itu, Anda juga bisa menggunakan user-generated content di Instagram


LinkedIn

Jika bisnis Anda bergerak di industry B2B, Anda harus memiliki akun LinkedIn. Anda perlu membuat profil untuk Anda sendiri dan perusahaan Anda. Dengan LinkedIn, Anda bisa mencari pekerja atau mempromosikan bisnis Anda. LinkedIn banyak digunakan oleh para professional untuk berbagi berita industry dan kebanyakan konten yang ada juga lebih dalam dan berkisar pada topik tentang karir dan kehidupan professional. 


Dalam membuat konten untuk LinkedIn, Anda perlu memposting konten yang teman-teman dan customer potensial Anda piker valuable, actionable, dan thought-provoking. Ini adalah konten yang sering dishare di LinkedIn dan mendapat banyak engagement. Anda juga bisa membuat LinkedIn Ads untuk memperbanyak jangkauan share Anda.


Pinterest

Pinterest bisa dibilang sedikit berbeda dengan social media lainnya. Fokus pinterest adalah agar penggunanya menyimpan konten. Pinterest bisa dibilang seperti gabungan dari wishlist dan vision board. Di Pinterest, Anda bisa menemukan apapun dari resep makanan sampai instruksi interior design. 


Untuk bisnis sendiri, Pinterest mungkin tidak akan cocok untuk semua jenis bisnis tetapi Pinterest bisa menjadi platform yang tepat untuk beberapa industry. Dengan menggunakan keyword yang tepat di deskripsi profil serta judul dan descriptions yang tepat untuk boards dan pins Anda, Anda bisa mendapatkan traffic dan berbagi konten, produk, dan idea Anda dengan audience yang lebih engaged. 87% pengguna Pinterest sudah pernah membeli barang karena Pinterest. 


93% penggunanya mengatakan bahwa mereka menggunakan Pinterest untuk merencanakan pembelian. Sementara 83% dari pengguna Pinterest mengatakan bahwa mereka lebih mem-follow brand daripada celebrity di website ini. Dari data-data tersebut, Anda bisa melihat bahwa Pinterest banyak digunakan untuk melakukan research produk dengan banyak users mencari produk baru dari search engine Pinterest.

Youtube

Youtube adalah platform video terbesar di dunia. Dengan berbagai macam video di Youtube, Anda bisa memanfaatkan Youtube untuk marketing jika Anda tahu bagaimana caranya. Seperti Pinterest, keyword adalah bagian penting dari Youtube marketing. Letakkan keyword di judul video, deskripsi video serta tags. Anda bisa membuat video seperti tutorial, Q&A, dan konten informasional yang dicari oleh audience Anda. 


Sebagai contoh, banyak channel yang mengupload video-video tutorial dari berbagai macam tema di. Eksekusi marketing di YouTube adalah gabungan dari content marketing dan social media marketing. Jangan lupa untuk mengirim traffic ke website utama Anda untuk meningkatkan conversions.


Snapchat

Social media yang satu ini memang lebih popular dengan orang-orang berusia di bawah 25 tahun. Snapchat bisa bermanfaat untuk brand yang unik dan humoris. Seperti Instagram, Snapchat adalah platform yang lebih visual tetapi gambar yang Anda gunakan di Snapchat tidak harus HD. Ini membuat Snapchat lebih mudah digunakan dan Anda bisa mengeluarkan konten dengan lebih cepat.


Selain platform-platform di atas, masih ada platform social media yang lebih kecil. Jika bisnis Anda jatuh ke audience yang niche, Anda mungkin akan menemukan bahwa beberapa platform lain bisa membantu bisnis Anda. Misalnya, untuk pecinta music, music.ly app adalah salah satu aplikasi yang popular. Selain itu ada juga social media seperti Flickr dan Tumblr yang bisa Anda pertimbangkan untuk kegiatan digital marketing bisnis anda.


Tips Untuk Social Media Marketing


Tentukan Hasil yang ingin di capai

Sebelum memulai sosial media marketing anda sebaiknya menentukan hasil yang ingin anda capai seperti keuntungan yang ingin di dapatkan ?anda ingin membuat startup atau tidak? dan tujuan tujuan besar lainnya.


Pilih Platform social media yang cocok untuk bisnis anda

Banyak social media di internet namun anda harus memilih sosial media yang cocok dengan bisnis yang akan anda pasarkan, diatas ada beberapa jenis media sosial untuk anda pertimbangkan.


Buat Profil

Pastikan bahwa profil brand atau bisnis Anda merefleksikan audience Anda di social media yang Anda pilih. Ini berarti Anda tidak bisa menggunakan deskripsi yang sama di setiap platform social media. Misalnya, jika Anda membuat profil LinkedIn, tulis deskripsi bisnis seperti jika Anda bertemu dengan professional lain di acara seminar. Jika Anda menggunakan Instagram, pilih bio yang lebih menarik dan engaging.


Tentukan Niche Konten yang Akan di Share

Pastikan anda membuat konten yang sesuai dengan produk yang anda pasarkan, misalnya anda ingin menjual produk sepatu, sebaiknya anda membuat konten artikel atau video seperti Cara Membersihkan Sepatu Tanpa Sabun.


Buat Jadwal Konten

Pada sosial media marketing anda harus membuat konten anda sesuai dengan jadwal yang rutin agar para pengikut anda merasa bahwa anda menjalankan bisnis yang serius dan terpercaya.


Monitor Akun Sosial Media Anda

erhatikan analytics platform social media Anda untuk melihat tipe konten seperti apa yang disukai followers Anda. Alat ukur yang bisa Anda gunakan adalah engagement. Lihat konten mana yang memiliki engagement paling tinggi di akun social media Anda. Tidak hanya analytics, Anda juga harus memonitor akunnya sendiri dan lihat kesempatan untuk berinteraksi dengan followers Anda. Jika ada pertanyaan, jawab pertanyaan secepat mungkin. Jika ada yang meninggalkan review, ucapkan terimakasih dan engage dengan komen dan response sesering mungkin. Ini penting untuk membangun komunitas dan hubungan Anda dengan customer brand Anda. Ini tentunya adalah tujuan utama dari social media marketing.


Konsisten

Untuk semua platform social media Anda, Anda harus bisa terus berinteraksi dengan pelanggan dan followers Anda secara konsisten. Ini akan meningkatkan kredibilitas dan kepercayaan followers Anda serta jumlah followers Anda sendiri.


Setelah membaca tentang sosial media marketing anda akan memilih sosial media yang paling cocok untuk bisnis anda , karena media sosial memiliki audience yang sangat besar dan beragam sehingga teknik dan pilihan sosmed yang paling tempat membuat bisnis atau konten anda akan semakin diminati dan berkembang dengan pesat.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi