Rabu, 13 Juli 2022

Pilah Pilih Sebelum Sebar #MakinCakapDigital

Pilah Pilih Sebelum Sebar #MakinCakapDigital - Setelah pekan lalu telah menyelesaikan penugasan pertama pada kegiatan Indonesia #MakinCakapDigital dengan tema Jangan Asal Comot, Kenali Plagiarisme Digital, saya pun kembali dihubungi oleh EO Kegiatan untuk kembali menjadi narasumber pada kegiatan selanjutnya yang mengangkat tema Pilah Pilih Sebelum Sebar yang akan dilaksanakan pada Selasa, 12 Juli 2022, pukul 18:00 - 20.00 Wita.


Webinar kali ini kembali ditujukan untuk para anggota komunitas di wilayah Kalimantan dan sekitarnya dengan tujuan Mengenalkan masyarakat tentang literasi digital dan manfaat serta urgensinya, Mengenalkan kepada masyarakat mengenai program literasi digital, Mengajak masyarakat sadar mengenai kecakapan digital dan tertarik untuk mengikuti kegiatan-kegiatan literasi digital.


Pada Webinar kali ini komposisinya hampir sama dengan webinar kemarin yaitu saya sebagai salah satu narasumber, ditemani 2 narasumber lainnya dan kembali dipandu oleh Rosha Noor Shaula sebagai moderator yang akan mengatur kegiatan agar berjalan sesuai rundown acara.

Pilah Pilih Sebelum Sebar #MakinCakapDigital

Pemateri 1 Krisna Aditya (Fasilitator Tular Nalar) membawakan materi tentang Gunakan media sosial secara positif dan bijak (Digital Ethics) yang membahas tentang Ruang lingkup etika digital, Netiket, Internet & Social Media, Pilah pilih sebelum sebar, THINK (True, Helpful, Illegal, Necessary, Kind),Dasar menggunakan media sosial dan Tindakan etis terkait konten negatif.


Pemateri 2 Abdillah SAS (Dosen Universitas Bosowa & JaWara Internet Sehat 2022) atau saya sendiri membawakan materi tentang Jangan asal setuju, ketahui dulu ketentuan privasi dan keamanan nya (Digital safety) membahas tentang pengantar kemanan digital, kompetensi kemanan digital, End User License Agreement & Terms of Use, Pentingnya membaca EULA & Terms of User, Tips Aman Memasang Aplikasi Pada Perangkat Digital. 

Pilah Pilih Sebelum Sebar #MakinCakapDigital

Pemateri 3 Suciati Wahyuningtyas (Social Media & Design Kumpulan Emak Blogger) membawakan materi tentang Bijak sebelum mengunggah di media sosial (digital ethics) membahas tentang Kenapa harus etis ?, Kompetensi literasi digital terkait netiket, ruang lingkup etika, karakteristik media sosial, etika membuat akun, kenali interaksi di media sosial, dan etika berinteraksi di media sosial.


Seperti biasa setelah seluruh narasumber memaparkan materinya masing-masing, selanjutnya moderator kembali memandu sesi tanya jawab dan diskusi, dimana 10 peserta dengan pertanyaan terbaik akan mendapatkan masing - masing Rp.100.000 di dompet digitalnya.

Pilah Pilih Sebelum Sebar #MakinCakapDigital

Setelah semua rangkaian kegiatan berakhir kegiatanpun di tutup, harapannya seluruh peserta yang ikut kegiatan ini betul-betul mengerti tentang literasi digital khususnya dalam penyebarakan konten sebaiknya pilah pilih dulu sebelum sebar, agar ruang berinternet bebas dari hoax dan informasi palsu. Akhir kata terima kasih banyak untuk ICT Watch dan jaWAra Internet sehat yang telah memfasilitasi kami para jawara untuk berpartisipasi pada kegiatan yang keren ini. Sampai ketemu di kegiatan #MakinCakapDigital selanjutnya.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi