Rabu, 10 November 2021

Pengertian dan Macam-Macam Tipe Data Pada MySQL

Pengertian dan Macam-Macam Tipe Data Pada MySQL - Halo semua setelah belajar tentang basis data dan ingin secara langsung membuat basis data, kamu bisa menggunakan bahasa queri terstruktur atau yang lebih dikenal dengan SQL. Jika kamu akan membuat sebuah basis data menggunakan sql sebaiknya menggunakan MySQL. Namun sebelum itu kamu harus mengerti dulu tentang apa itu tipe data, dan macam-macam tipe data yang ada di MySQL.

Pengertian dan Macam-Macam Tipe Data Pada MySQL


Pengertian Tipe Data

Tipe data merupakan suatu bentuk pemodelan data yang dideklarasikan pada saat pembuatan tabel di dalam database. Tipe data akan menentukan bentuk data setiap data yang akan dimasukkan ke dalam sebuah tabel. Singkatnya tipe data adalah jenis nilai yang bisa menampung data berupa teks, numerik (angka), gambar dan sebagainya.


Macam-Macam Tipe Data


1.Tipe Data Numerik (Angka)

Tipe data numberik (angka) adalah tipe data yang bisa digunakan untuk menyimpan nilai berupa angka, baik bilangan bulat, bilangan pecahan, positif maupun negatif. Contoh dari Tipe data Numerik yaitu TINYINT, SMALLINT, MEDIUMINT, INT, BIGINT, FLOAT, DOUBLE, REAL, DECIMAL dan NUMERIC. Tipe data ini hampir sama kegunaannya namun yang membedakan mereka adalah fungsi, jangkauan, dan ukurannya. Berikut table lengkap tipe data numerik :

Pengertian dan Macam-Macam Tipe Data Pada MySQL (Tipe Data Numerik)


2.Tipe Data String (Teks)

Tipe Data String (Teks) adalah tipe data yang bisa digunakan untuk menampung hingga 255 karakter. Tipe data teks ini biasanya digunakan untuk menyimpan data berupa tulisan, maupun angka yang akan dibaca string. Contoh dari tipe data String yaitu CHAR, VARCHAR, TINYTEXT, TEXT, MEDIUMTEXT, LONGTEXT. Tipe data ini semua hampir sama kegunaannya namun yang membedakan mereka adalah fungsi, dan jangkauan nya. Berikut table lengkap tipe data teks :

Pengertian dan Macam-Macam Tipe Data Pada MySQL (Tipe Data String)


3.Tipe Data Date And Time (Tanggal dan Waktu)

Tipe Data Date and Time adalah tipe data yang bisa digunakan untuk data dalam bentuk waktu seperti tanggal, tahun, bulan. Contoh dari tipe data date and time yaitu DATE, TIME, DATETIME,YEAR. Tipe data ini semua hampir sama kegunaannya namun yang membedakan mereka adalah fungsi, jangkauan, dan ukurannya, Namun berdasarkan nama tipe datanya kamu pasti sudah tau fungsi dari masing-masing tipe data tersebut. Berikut table lengkap tipe data date and time :

Pengertian dan Macam-Macam Tipe Data Pada MySQL (Tipe Data Date)


4.Tipe Data BLOB

Tipe Data BLOB adalah tipe data yang dapat digunakan untuk menampung data multimedia seperti video, gambar, musik dan lain-lain. Contoh dari tipe data BLOB yaitu BIT, TINYBLOB, BLOB, MEDIUMBLOB, LONGBLOB. Tipe data ini semua hampir sama kegunaannya namun yang membedakan mereka adalah fungsi, dan jangkauan nya. Berikut table lengkap tipe data BLOB :

Pengertian dan Macam-Macam Tipe Data Pada MySQL (Tipe Data BLOB)


Demikian Sesi belajar dan berbagi ilmu tentang Pengertian Tipe data hingga Macam-Macam Tipe data pada MySQL seperti tipe data numerik, string, date hingga blob. Diharapkan sebelum membuat sebuah table pada database para perancang basis data sebaiknya memperhatikan mengenai tipe data ini. Pemilihan tipe data yang benar akan sangat berpengaruh terhadap ukuran dari basis data anda.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi