Senin, 03 Agustus 2020

Pengertian Basis Data, DBMS, RDBMS, dan OODB - Belajar Basis Data 1

Pengertian Basis Data, DBMS dan RDBMS - Belajar Basis Data 1, untuk memulai belajar membuat database atau basis data yang akan digunakan untuk menampung segala jenis data dari aplikasi/program yang kita buat nantinya, sebaiknya kita berkenalan dulu dengan Pengertian Database atau Pengertian Basis Data, Pengertian DBMS, Pengertian RDBMS, dan Pengertian OODB, agar memudahkan kita kedepannya untuk mengerti pembelajaran selanjutnya.
Pengertian Basis Data, DBMS, RDBMS, dan OODB - Belajar Basis Data 1

Pengertian Basis Data (Pengertian Database)

Basis Data (database) merupakan kumpulan dari data yang saling berelasi satu dengan yang lainnya, tersimpan di perangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya. Database merupakan salah satu komponen penting dalam sistem informasi, karena merupakan dasar dalam menyediakan informasi bagi para pemakai. Database digunakan untuk menyimpan informasi atau data yang terintegrasi dnegan baik di dalam komputer.

Pengertian DBMS (Database Management System)

Untuk mengelola database diperlukan suatu perangkat lunak yang disebut dengan DBMS atau Database Management System. Database Management System merupakan suatu sistem perangkat lunak yang memungkinkan user (pengguna) untuk membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses database secara praktis dan efisien. Dengan DBMS, user akan lebih mudah mengontrol dan memanipulasi data yang ada.

Pengertian RDBMS (Relationship Database Management System)

Sedangkan RDBMS atau Relationship Database Management System merupakan salah satu jenis DBMS yang mendukung adanya relationship atau hubungan antar tabel. Di samping RDBMS, terdapat jenis lain, misalnya Hierarchy DBMS, Object Oriented DBMS, dan sebagainya.

Pengertian OODB (Object Oriented Database)

OODB atau Object Oriented Database merupakan salah satu jenis database dimana data direpresentasikan dalam bentuk object. Object Oriented Database merupakan sebuah sistem database yang menggabungkan semua konsep penting dari object oriented.

Demikian sesi belajar dan berbagi ilmu tentang Pengertian Basis Data, DBMS, RDBMS, dan OODB, semoga membantu memahami tentang pembelajaran basis data (database), jika ada hal-hal yang tidak dimengerti atau ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar yang ada dibawah postingan ini. Jangan lupa baca tulisan lain tentang Belajar Basis Data.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi