Senin, 10 Agustus 2020

Mengenal 3 Level Abstraksi Dalam Database - Belajar Basis Data 2

Mengenal 3 Level Abstraksi Dalam Database - Belajar Basis Data 2, setelah pekan lalu sudah belajar dan berkenalan dengan database melalui artikel Pengertian Basis Data, kali ini pelajaran basis data kita lanjutkan dengan mengenal level-level abstraksi yang ada di dalam basis data.

Abstraksi data merupakan merupakan tingkatan-tingkatan pengguna dalam memahami dan memandang tentang bagaimana sebenarnya sebuah data diolah dalam sebuah sistem database sehingga menyerupai kondisi yang sebenarnya dihadapi oleh pengguna. Sebuah database biasanya menyembunyikan detail atau rincian tentang bagaimana sebuah data disimpan dan diolah dalam sebuah sistem basis data, dengan tujuan untuk memudahkan pengguna dalam memahami database. Karena itu seringkali data yang terlihat oleh pengguna (user) berbeda dengan yang tersimpan secara fisik.

Pandangan terhadap database biasanya disebut dengan arsitektur database atau abstraksi database yang terdiri dari level fisik, level konseptual, dan level pandangan pengguna (user).Berikut penjelasan tentang level abstraksi dalam database.
Mengenal 3 Level Abstraksi Dalam Database - Belajar Basis Data 2

3 Level Abstraksi Database


Level Fisik (Physical Level)
Level fisik adalah level abstraksi database yang paling rendah, karena pada level ini menjelaskan secara detail tentang bagaimana cara data disimpan dan kondisi sebenarnya secara fisik. Pada level ini struktur data yang diperlukan digambarkan secara rinci sesuai dengan kebutuhan oleh system engineer, dan level ini biasanya digunakan oleh para praktisi software dan hardware. Singkatnya level ini merupakan level yang mengatur tentang teknis bagaimana cara sebuah database di masukkan ke dalam media penyimpanan.

Level Konseptual (Conceptual Level)
Level konseptual adalah level abstraksi yang lebih tinggi dari level fisik, karena level ini memberikan gambaran tentang data apa yang sebenarnya perlu disimpan dalam database, serta hubungan/relasi yang ada ada diantara data dari keseluruhan isi database. Level konseptual ini merupakan suatu pandangan perancang database tentang data apa dan dimana data itu harus di simpan. Untuk menggambarkan level ini biasanya dibutuhkan simbol berupa kotak, garis dan petunjuk relasi sebuah data.

Level Pandangan (View Level)
Level pandangan pengguna adalah level eksternal yang merupakan pandangan para pengguna database, yang dimana pandangan terhadap database tersebut akan berbeda tergantung dari penggunanya, mau menggunakan data apa, mau mengakses data apa dan membutuhkan data apa. Pada level abstraksi ini database akan ditampilkan lebih simple dan menampilkan bagian-bagian tertentu yang diperlukan saja dari keseluruhan isi database yang ada. Pada level ini pengguna tidak perlu tahu tentang bagaiman data tersebut tersimpan kedalam database.

Demikian sesi belajar dan berbagi ilmu tentang Level Abstraksi Dalam Database, semoga membantu memahami tentang pembelajaran basis data (database), jika ada hal-hal yang tidak dimengerti atau ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar yang ada dibawah postingan ini. Jangan lupa baca tulisan lain tentang Belajar Basis Data.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi