Jumat, 03 Juli 2020

Pengertian HTML - Belajar HTML Dasar 1

Pengertian HTML - Belajar Pemrograman HTML Dasar, untuk memulai belajar membuat sebuah website, maka kita harus berkenalan dulu dengan bahasa yang digunakan untuk membuat sebuah halaman website. Bahasa yang di maksud tersebut adalah Bahasa HTML, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Pengertian HTML untuk membantu para pembaca memahami bahasa tersebut.
Pengertian HTML - Belajar HTML Dasar 1

Pengertian HTML (Hyper Text Markup Language)


HTML merupakan singkatan dari Hyper Text Markup Language dimana HTML merupakan bahasa hypertext yang artinya dengan bahasa ini sebuah text biasa dapat dibuat menjadi sesuatu yang luar biasa atau berbeda. HTML bisa digunakan untuk membuat seluruh element yang ada disebuah website seperti memasukkan gambar, membuat daftar, paragraf hingga hyperlink (link) yang bisa di klik untuk berpindah halaman.

Kode HTML akan dimengerti oleh browser dengan menggunakan tanda-tanda tertentu atau disebut dengan mark, dimana tanda tersebut akan ditempatkan didepan dan dibelakang sebuah text, untuk menentukan prilaku dari text tersebut, dan tenda ini dikenal dengan sebutan Tag HTML.

Dari tadi kita berbicara tentang pengertian HTML dan kode HTML namun kita sama sekali belum melihat bentuk dari kode HTML yang saya katakan sebagai bahasa yang membuat sebuah website, karena tulisan atau blog saya ini merupakan sebuah halaman web maka tentu saja www.abdhisas.com dibuat menggunakan kode HTML, jika anda tidak percaya silahkan lihat kode html dalan blog saya ini dengan menekan Ctrl + U Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini :
Pengertian HTML - Belajar HTML Dasar 1
Contoh Kode HTML dari www.abdhisas.com

Nah Gambar diatas itu merupakan kode HTML, tidak usah pusing ketika melihat banyak kode-kode tersebut, karena pada artikel dan tulisan selanjutnya saya akan membahas satu persatu, sampai anda mengerti dengan maksud dan tujuan penulisan kode-kode tersebut. Tapi sebelum mari menambah pengetahuan dengan mengenali sejarah html, versi html, dan kesimpulan dari pengertian html.

Sejarah dan Versi HTML


Sejak awal era World Wide Web (WWW) versi HTML sudah berkembang hingga banyak versi, dan versi terakhir dan terbaru untuk saat ini yaitu HTML 5.2, Untuk menambah pengetahuan pembaca, berikut daftar sejarah dan versi HTML yang perlu anda ketahui

  • Tahun 1989 Tim Berners-Lee menemukan www
  • Tahun 1991 Tim Berners-Lee menemukan HTML
  • Tahun 1993 Dave Raggett menyusun HTML +
  • Tahun 1995 Kelompok Kerja HTML mendefinisikan HTML 2.0
  • Tahun 1997 W3C Merekomendasikan: HTML 3.2
  • Tahun 1999 W3C Merekomendasikan: HTML4.01
  • Tahun 2000 W3C Merekomendasikan: XHTML 1.0
  • Tahun 2008 WHATWG Membuat Draf Publik Pertama HTML5
  • Tahun 2012 WHATWG Menstandarkan HTML 5
  • Tahun 2014 W3C Merekomendasikan: HTML 5
  • Tahun 2016 HTML 5.1 Menjadi Kandidat Untuk Rekomendasi W3C
  • Tahun 2017 W3C Merekomendasikan: HTML 5.1 Generasi Kedua
  • Tahun 2017 W3C Merekomendasikan: HTML 5.2

Kesimpulan Dari Pengertian HTML yaitu :


  1. HTML merupakan singkatan Hyper Text Markup Language 
  2. HTML merupakan bahasa markup standar yang digunakan untuk membuat halaman Web.
  3. HTML bahasa yang menggambarkan struktur halaman Web
  4. HTML terdiri dari dari serangkaian elemen
  5. Elemen HTML berfungsi untuk memberi tahu browser cara menampikan sebuah konten
  6. Element HTML digunakan untuk membuat bagian web mulai dari judul (title) , paragraf, hingga tautan (hyperlink)
Demikian sesi berbagi ilmu tentang Pengertian HTML, semoga membantu dan mempermudah para pembaca untuk mengerti tentang apa itu HTML, jika ada hal yang tidak dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar, dan kita sharing sampai sama sama mengerti. Jangan lupa baca artikel lain tentang Belajar HTML Dasar.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi