Selasa, 18 Agustus 2020

Mengenal Tag, Element dan Atribut HTML - Belajar HTML Dasar 4

Mengenal Tag, Element dan Atribut HTML - Belajar HTML Dasar 4, Setelah pekan lalu belajar cara membuat dokumen HTML, menyimpan dan menjalankan dokumen html tersebut. Namun mungkin beberapa dari kalian belum mengerti maksud dari kode yang ditulis untuk membuat tulisan Hello World tersebut. Nah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba menjabarkan kode-kode tersebut namun sebelumnya kita harus belajar dulu tentang Tag, Element, Atribut dan Value yang ada di dalam HTML.
Mengenal Tag, Element dan Atribut HTML - Belajar HTML Dasar 4

Pengertian dan Penjelasan Tag HTML

Tag adalah kode yang digunakan untuk membuat web browser mengerti dan menampilkan web yang akan kita buat. Dimana tag ditulis dalam text editor lalu hasilnya di tampilkan pada browser, tag yang ditulis bisa tampil dengan wujud apa saja, bisa sebagai list, paragraf, link, foto dan lain sebagainya. Dalam penulisan tag hampir semua tag memiliki pembuka dan penutup tag dan ada juga beberapa hanya pembuka tag saja tanpa penutup tag (single tag).

Contoh Penulisan tag html adalah sebagai berikut 

<tag> Element ditulis disini </tag>

tag dibuka dengan kurung sudut kiri kanan <tag> ini merupakan tag pembuka, selanjutnya penutup tag ditandai dengan kurung sudut kiri lalu ditambahkan backslash lalu tuliskan tagnya dan diakhiri dengan kurung sudut kanan </tag>. yang membedakan tag pembuka dan penutup yaitu tag penutup memiliki backslash di dalamnya.

Jenis Tag Dasar yang selalu digunakan dalam HTML yaitu

<html>..</html>, <head>..</head>, <title>..</title>, <body>..</body> dan lain lain.

Pengertian dan Penjelasan Element HTML

Elemen adalah isi yang ingin ditulis pembuat web yang ditulis di antara pembuka tag dan penutup tag, dibawah ini adalah contoh kode penempatan dalam sebuah element yang ada di antara pembuka dan penutup tag

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title></title>
</head>
<body>
<h1 align="center">Pengenalan atribut HTML</h1>
</body>
</html>

Pada contoh diatas <h1> Ini adalah element yang bisa ditulis sesuka hati </h1> dimana <h1> merupakan tag pembuka, Ini adalah element yang bisa ditulis sesuka hati adalah sebuah element dan </h1> merupakan tag penutup

Pengertian dan Penjelasan Atribut dan Value HTML

Atribut adalah informasi tambahan yang digunakan atau dituliskan di dalam tag pembuka. Informasi ini bisa berupa perintah taua instruksi untuk memberikan efek tertentu sesuai dengan efek yang dipunyai oleh tag-tag html, dimana atribut ini selalu mempunya nilai untuk menunjukkan hasilnya cara penulisannya pun simple yaitu namaatribut="valuenya". setelah pembuka tag dituliskan namaatributnya lalu sama dengan kemudian valuenya harus diapit oleh kutip dua atau kutip satu).

Contoh penggunaan atribut


<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
 <title></title>
</head>
<body>
<h1 align="center">Pengenalan atribut HTML</h1>
</body>
</html>

Penjelasan

<h1> adalah tag heading 1 dan merupakan tag pembuka
align adalah nama atribut
center adalah nilai atau value dari atribut
Pengenalan atribut HTML adalah elemen dari tag h1

Ingat, tidak semua tag membutuhkan atribut, dan tidak semua atribut cocok dengan tag, jadi kesimpulannya setiap tag memiliki atributnya sendiri dan setiap atribut memiliki value/nilainya sendiri.

Demikian sesi berbagi ilmu tentang tag, element, atribut dan value html. Langkah selanjutnya anda akan belajar dan mengetahui tentang struktur dasar HTML. Jika ada hal yang tidak dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar, dan kita sharing sampai sama-sama mengerti. Jangan lupa baca artikel lain tentang Belajar HTML lainnya.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi