Selasa, 25 Agustus 2020

Istilah-Istilah Pada Model Database Relasi - Belajar Basis Data 4

Istilah-Istilah Pada Model Database Relasi - Belajar Basis Data 4, Setelah mengenal dan mengetahui tentang model-model database atau basis data, maka kita akan mengetahui bahwa model database relasi yang paling banyak digunakan untuk saat ini, karena mudah dan gampang untuk di mengerti, maka dari itu pada tulisan kali ini kita akan mempelajari dan mengenal beberapa istilah yang ada di model database relasi.
Istilah-Istilah Pada Model Database Relasi - Belajar Basis Data 4

Istilah-Istilah Pada Model Database Relasi


Table
Tabel adalah kumpulan data (nilai) yang diorganisasikan ke dalam baris (record) dan kolom (field). Masing-masing kolom memiliki nama yang spesifik dan unik

Field
Field merupakan kolom dari sebuah table. Field  memiliki ukuran type data tertentu yang menentukam bagaimana data nantinya tersimpan.

Record
Record merupakan baris yang didalamnya terdapat kumpulan nilai yang saling terkait

Key
Key merupakan suatu field yang dapat dijadikan kunci dalam operasi tabel. Dalam konsep database, key memiliki banyak jenis diantaranya Primary Key, Foreign Key, Composite Key, dan lain-lain.

Data Value
Data value merupakan satuan data terkecil yang berisi nilai dari sebuah field tertentu

SQL
SQL atau Structured Query Language merupakan suatu bahasa (language) yang digunakan untuk mengakses database. SQL sering disebuat juga sebagai query.

Jadi kesimpulannya hirarki dari sebuah database relasi dimulai dari DBMS, Database, Table lalu Field dan Record yang di dalamnya terisi data.

Demikian sesi belajar dan berbagi ilmu tentang istilah-istilah pada model databse relasi saya harap materi ini dapat membantu memahami tentang pembelajaran basis data (database), jika ada hal-hal yang tidak dimengerti atau ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar yang ada dibawah postingan ini. Jangan lupa baca tulisan lain tentang Belajar Basis Data.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi