Selasa, 01 September 2020

Pengertian dan Komponen-Komponen ERD - Belajar Basis Data 5

Pengertian dan Komponen-Komponen ERD - Belajar Basis Data 5, Setelah menyelesaikan pembelajaran yang lalu mulai dari pengertian basis data, mengenal model-model yang ada pada basis data dan selanjutnya mengerucut kepada model basis data relasi, kali ini kita akan membahas tentang diagram yang menggambarkan basis data relasi ke dalam sebuah model yang mudah dipahami yang bisa disebut dengan ERD.
Pengertian dan Komponen-Komponen ERD - Belajar Basis Data 5

Pengertian Entity Relationship Diagram (ERD)


ERD atau Entity Relationship Diagram merupakan salah satu model yang digunakan untuk mendesain database dengan tujuan menggambarkan data yang berelasi pada sebuah database.

Entity Relationship Diagram adalah model yang digambarkan melalui simbol-simbol yang menggambarkan relasi antar data di dalam sebuah database agar setiap orang yang melihat dapat dengan cepat mengerti isi basis data beserta dengan relasinya.


Komponen-Komponen Dalam Entity Relationship Diagram


Entitas

Entity atau Entitas merupakan sebuah objek yang mewakili sesuatu yang nyata dan dapat dibedakan dari sesuatu yang lain. Entitas adalah objek yang menarik di bidang organisasi yang di modelkan. Simbol dari Entiti ini biasanya digambarkan dengan persegi panjang.

Atribut

Setiap entitas pasti mempunya elemen yang disebut sebagai atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasi isi elemen satu denganyang lain. Atribut biasanya digambarkan oleh simbol Elips. Selain itu Atribut memiliki Struktur Internal berupa tupe data. Jenis-Jenis atribut yaitu :

Atribut Key
Atribut Key adalah satu atau gabungan beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (Row/Record) dalam tabel secara unik. Dikatakan unik jika pada atribut yang dijadikan key tidak boleh ada baris data dengan nilai yang sama.

Atribut Simple
Atribut yang bernilai atomic, tidak dapat dipecah atau dipilah lagi

Atribut Multivalue
Nilai dari suatu atribut yang mempunya lebih dari satu (multivalue) nilai dari atribut yang bersangkutan

Atribut Composite
Atribut composite adalah suatu atribut yang terdiri dari beberapa atribut yang lebih kecil yang mempunyai arti tertentu yang masing bisa dipecah lagi atau mempunyai sub atribut.

Atribut Derivatif
Atribut yang tidak harus disimpan dalam database. Atau atribut yang dihasilkan dari atribut lain atau dari suatu relationship (hubungan). Atribut ini dilambangkan dengan bentuk oval yang bergaris putus-putus.

Hubungan (Relasi)

Hubungan antara sejumlah entitas yang berasal dari himpunan entitas yang berbeda. Suatu hubungan adalah antara dua jenis entitas dan dipresentasikan sebagai garis lurus yang menghubungkan dua entitas. Selain itu entitas juga memiliki derajat relasi atau kardinalitas rasio.

Derajat Relasi atau Kardinalitas Rasio

Menjelaskan tentang jumlah maksimum hubungan antara satu entitas dengan entitas lainnya

One to One (1:1)
Setiap anggota entitas A hanya boleh berhubungan dengan satu anggota entitas B, begitu pula sebaliknya.

One to Many (1:M)
Setiap anggota entitas A dapat berhubungan dengan lebih dari satu anggota entitas B tetapi tidak sebaliknya.

Many to Many (M:M)
Setiap Entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas B dan demikian pula sebaliknya.

Demikian sesi belajar dan berbagi ilmu tentang Pengertian dan Komponen-Komponen ERD, saya harap materi ini dapat membantu memahami tentang pembelajaran basis data (database), jika ada hal-hal yang tidak dimengerti atau ingin ditanyakan silahkan tinggalkan pesan di kolom komentar yang ada dibawah postingan ini. Jangan lupa baca tulisan lain tentang Belajar Basis Data.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi