Kamis, 06 Agustus 2020

Pengertian dan Pengaplikasian Perangkat Lunak - Belajar Pemodelan Perangkat Lunak 1

Pengertian dan Pengaplikasian Perangkat Lunak - Belajar Pemodelan Perangkat Lunak 1, Sebelum belajar tentang pemodelan perangkat lunak yang akan membahas tentang bagaimana alur kerja, alur pembuatan sebuah perangkat lunak, maka sebaiknya kita mengenal dulu pengertian perangkat lunak, dan contoh-contoh pengaplikasiaan perangkat lunak.
Mengenal Text Editor dan Web Browser - Belajar HTML Dasar 2

Pengertian Perangkat Lunak

Perangkat lunak (software) adalah program komputer yang terasosiasi dengan dokumentasi perangkat lunak seperti dokumentasi kebutuhan, model desain, dan cara penggunaan (user manual). Sebuah program komputer tanpa terasosiasi dengan dokumentasinya. Maka belum dapat disebut dengan sistem perangkat lunak. Sistem berarti kumpulan komponen yang saling terkait dan mempunyai satu tujuan yang ingin di capai.

Sistem perangkat lunak berarti sebuah sistem yang memiliki komponen berupa perangkat lunak yang memiliki hubungan satu sama lain untuk memenuhi kebutuhan pelanggan (customer). Pelanggan (customer) adalah orang atau organisasi yang memesan atau membeli perangkat lunak (software) dari pengembang perangkat lunak atau bisa dianggap bahwa pelanggan (customer) adalah orang atau organisasi yang dengan sukarela mengeluarkan uang untuk memesan atau membeli perangkat lunak. User atau pemakai perangkat lunak adalah orang yang memiliki kepentingan untuk memakai atau menggunakan perangkat lunak untuk memudahkan pekerjaannya.

Karakter Perangkat Lunak adalah sebagai berikut :

  • Perangkat lunak dibangun dengan rekayasa (Software Engineering) bukan diproduksi secara manufaktur atau pabrikan.
  • Perangkat lunak tidak pernah usang (wear out) karena kecacatan dalam perangkat lunak dapat diperbaiki.
  • Barang produksi pabrikan biasanya komponen barunya akan terus diproduksi, sedangkan perangkat lunak biasanya terus diperbaiki seiring bertambahnya kebutuhan.

Pengaplikasian dari Perangkat Lunak adalah Sebagai berikut :


Perangkat Lunak Sistem (System Software)
System Software adalah kumpulan program dalam hal ini program yang satu ditulis untuk memenuhi kebutuhan program lainnya.

Perangkat Lunak Waktu Nyata (Real-time Software)
Real-time software merupakan perangkat lunak yang memonitor, menganalisis, mengontrol sesuatu secara waktu nyata (real-time). Reaksi yang dibutuhkan pada perangkat lunak harus langsung menghasilkan respon yang diinginkan.

Perangkat Lunak Bisnis (Business Software)
Business software merupakan perangkat lunak pengelola informasi bisnis seperti akuntansi, penjualan, pembayaran, penyimpanan (inventory).

Perangkat Lunak untuk keperluan rekayasa dan keilmuan (Engineering and Scientific Software)
Engineering and Scientific Software merupakan perangkat lunak yang mengimplementasikan algoritma yang terkait dengan keilmuan ataupun perangkat lunak yang membantu keilmuan, misalkan perangkat lunak di bidang astronomi, di bidang matematika dan lain sebagainya.

Perangkat Lunak tambahan untuk membantu mengerjakan suatu fungsi dari perangkat lunak yang lainnya (Embedded Software)
Embedded Software misalnya perangkat lunak untuk mencetak dokumen ditambahkan agar perangkat lunak yang memerlukan dapat mencetak laporan, maka perangkat lunak untuk mencetak dokumen ini disebut embedded software.

Perangkat Lunak Komputer Personal (Personal Computer Software)
Personal Computer Software merupakan perangkat lunak untuk PC misalnya perangkat lunak pemroses teks, pemroses grafik dan lain sebagainya.

Perangkat Lunak Bebasis Web (Web Based Software)
Web Based Software merupakan perangkat lunak yang dapat diakses dengan menggunakan browser.

Perangkat Lunak Kecerdasan Buatan (Artificial Intelligence Software)
Artificial Intelligence Software merupakan perangkat lunak yang menggunakan algoritma tertentu untuk mengelola data sehingga seakan-akan memiliki intelijensia seiring bertambahnya data yang diproses.

Demikian sesi berbagi ilmu tentang Pengertian dan Pengaplikasian Perangkat Lunak, semoga membantu dan mempermudah para pembaca untuk mengerti tentang pelajaran pemodelan perangkat lunak, jika ada hal yang tidak dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar, dan kita sharing sampai sama sama mengerti. Jangan lupa baca artikel lain tentang Belajar Pemodelan Perangkat Lunak.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi