Selasa, 15 September 2020

Pengantar Digital Marketing - Materi Digital Marketing 1

Pengantar Digital Marketing - Materi Digital Marketing 1, Digital Marketing akhir-akhir ini sudah mulai menjadi segment yang tidak terpisahkan dari dunia periklanan dimana setiap perusahaan baik besar maupun kecil sedang gencar menjadi pekerja digital marketer ataupun membentuk divisi digital marketing di kantornya untuk mendukung bisnisnya agar lebih bagus dalam promosi digital dan produknya semakin di kenal di seluruh kalangan.

Di era Revolusi Industri 4.0 atau era yang hampir sepenuhnya migrasi ke dunia digital, peran digital maketing tidak bisa lagi di anggap sebelah mata, karena handphone atau perangkat digital saat ini sudah menjadi kebutuhan primer bagi para user yang membuat digital marketing menjadi lini iklan yang efisien untuk digunakan menyasar perangkat digital seperti smartphone. Namun sebelumnya apasih digital marketing itu ?, berikut saya jabarkan Pengertian Digital Marketing.
Pengantar Digital Marketing - Materi Digital Marketing 1

Pengertian Digital Marketing

Digital Marketing adalah pemasaran produk maupun jasa yang dilakukan dengan media digital. Tujuan dari pemasaran ini adalah untuk menjangkau sebanyak-banyaknya target customer secara efisien, personal dan relevan. Pemasaran digital ini memadukan teknik serta pengetahuan dalam psikologi pasar dan teknologi. Tidak seperti pemasaran tradisional yang memasang iklan lewat baliho, pemasaran digital ini menggunakan berbagai platform digital sebagai media pemasarannya.

Selanjutnya, setelah anda mengetahui pengertian dari digital marketing dan ingin memulai belajar digital marketing anda perlu mengetahui strategi ataupun cara yang digunakan dalam praktek digital marketing. Apa saja cara tersebut ?

Kategori dan Cara Digital Marketing

Pada dasarnya ada 6 Kategori yang termasuk dalam digital marketing diantarnya yaitu SEO,SEM,Content Marketing, SMM, Email Marketing dan PPC, adapun penjelasan dari teknik-teknik diatas adalah sebagai berikut :

SEO (Search Engine Optimization)
Search Engine Optimization yang merupakan kepanjangan dari SEO adalah usaha optimasi website agar memperoleh peringkat bagus dari mesin telusur semacam Google. Tujuannya tentunya memungkinkan website Anda untuk lebih mudah ditemukan oleh pengguna internet yang sedang mengakses mesin telusur. SEO terbagi menjadi dua yaitu On Page SEO dan Off Page SEO.

SEM (Search Engine Marketing)
Search Engine Marketing yang merupakan kepanjangan dari SEM adalah cara meningkatkan visibilitas website pada halaman hasil pencarian mesin telusur semacam Google (SERP).

Content Marketing
Content marketing adalah cara pemasaran yang difokuskan ke pembuatan dan pendistribusian konten. Konten yang dimaksud adalah konten yang relavan yang artinya, sebuah produk akan diiklankan disebuah media yang di dalamnya ada artikel yang ditulis konsisten dan iklan yang ditempatkan adalah iklan yang relevan dengan konten tersebut, sehingga audience yang membaca konten tersebut bisa tertarik dengan iklan yang diberikan. Contoh jika sebuah situs konsisten membahas tentang review sebuah produk elektronik maka iklan yang relevan untuk konten tersebut adalah iklan produk elektronik terbaru.

SMM (Social Media Marketing)
Social Media Marketing yang merupakan kepanjangan dari SMM merupakan strategi digital marketing yang lagi hangat di dunia khususnya di Indonesia, karena melalui platform social media seperti facebook, instagram hingga social media video seperti youtube menampilkan iklan dari banyak produk sekaligus. Kondisi inilah yang dinamakan Social Media Marketing dimana sebuah produk diulas dan dipasarkan melalui social media. Salah satu teknik nya yang paling terkenal adalah istilah Endorse.

Email Marketing
Email marketing adalah pemasaran yang dilakukan dengan email sebagai medianya. Mungkin anda pernah menerima sebuah email promosi yang menawarkan berbagi barang dengan diskon atau potongan harga, nah kondisi inilah yang dinamakan sebagai Email Marketing.

PPC (Pay Per Click)
ay Per Click atau PPC merupakan salah satu metode beriklan di internet yang paling populer, dimana pengiklan (advertiser) hanya membayar jika ada yang klik iklannya. Selain PPC, ada juga sebenarnya metode PPM (Pay Per Impression), yaitu bayar per kemunculan (biasanya per 1,000 kali kemunculan).Contoh PPC yang sangat sering digunakan saat ini yaitu PPC milik google yang dipasang melalui Google Adwords (Google Ads) dan membayar melalui Google Adsense.

Dengan mengetahui jenis-jenisnya anda akan belajar berbagai teknik digital marketing yang paling cocok untuk digunakan memasarkan barang atau brand miliki kalian, selain itu anda bisa membaca dan mempelajari materi pengantar digital marketing untuk membantu anda menganalisis kebutuhan client anda seandainya anda menjadi seorang digital marketer.
  1. apakah, penawaran khusus atau diskon yang masuk melalui sebuah no handphone termasuk email marketing atau marketing yang dilakukan itu berbeda nama tapi caranya sama dengan email marketing?

    BalasHapus
  2. Untuk yang PPC (pay per click) apakah dibayar sesuai jumlah user yang mengkliknya sampai batas waktu yang ditentukan misalnya 1 minggu atau sudah dibayar sedari awal dengan harga yang ditetapkan oleh google ads?

    BalasHapus
  3. Ka kalau kita punya blog apakah itu blogta orngnya yang memasangkan iklan atau yg punya iklan yg memasang sama kita, dan bagaimana prodesnya smpai ke tahap itu?


    Kalau yang situs iklan web yg contoh di kirim di gb itu masuk di PPC atau PPM?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya pengiklan membayar di Google ads agar iklan mereka ditampilkan di blog-blog yang Sudah diterima adsense nya dan bisa juga pengiklan langsung menghubungi contact pemilik suatu blog yang dibayar sesuai dengan ketentuan pemilik blog

      Hapus

Halo Cari Apaki? Ketikmi