Jumat, 23 Oktober 2020

Kolam Dolli Bungaeja Primadona Permandian Baru di Bantimurung Maros

Salam Seru! Kali ini admin kembali membahas tentang Wisata yang ada di Kabupaten Maros, Kenapa Maros? Sekali lagi karena maros merupakan daerah domisili saya yang harus saya perkenalkan seluruh potensi wisatanya baik wisata alam, wisata budaya, hingga wisata edukasi karena semua ada di Maros.

Pada kesempatan kali ini admin akan membahas salah satu destinasi yang mirip dengan Kolam Renang Bantimurung yang sudah populer dikalangan wisata, meskipun terletak di satu kecamatan yang sama kolam renang ini masih tergolong baru, bahkan ketika saya dan teman-teman mengunjungi lokasi ini mereka belum launching secara resmi.
Kolam Permandian Dolli Bungaeja, Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung, Maros
Kolam Permandian Dolli Bungaeja, Desa Tukamasea, Kecamatan Bantimurung, Maros



Wisata kolam renang tersebut bernama Kolam Wisata Bungaeja namun pengelola memberikan nama yang cukup unik dan mudah di ingat yaitu Wisata Permandian Dolli Bungaeja. Eits jika mendengar nama dolli jangan berpikir yang macam-macam yah, mulai sekarang jika mendengar kata Dolli ingatkan kolam renang menyenangkan yang sarat akan pemandangan yang indah. Dolli sendiri adalah sebuah kata yang berasal dari salah satu bahasa bugis yaitu Madolli yang artinya tinggi atau sesuatu yang tinggi, kata ini merujuk ke bukit/gunung yang ada di permandian ini yang meruapakan salah satu gunung tertinggi yang ada di kawasan desa tukamasea.
Kolam Dolli Primadona Permandian Baru di Bantimurung Maros
Foto Bersama Rijal-Ketua JJS Maros (kiri), Kak Alam- Pengurus Pokdarwis Bungaeja (tengah), Abdhi - Ketua JJS Regional Celebes (kanan) berlatar kolam dan gunung/bukit madolli


Seperti yang saya jelaskan sebelumnya permandian dolli sekilas mirip seperti kolam renang bantimurung namun ada yang menarik dari kolam renang dolli yaitu penampakan batu tunggal yang ada di tengah kolam seakan menggabungkan keindahan permandian buatan dan permandian alam.

Selain itu yang menarik adalah wisata ini dikelolah oleh Kelompok Sadar Wisata (POKDARWIS) Bungaeja (TPA Desa Tukamasea) yang terdiri dari penggiat wisata, tokoh pemuda dan remaja-remaja yang ada di dusun bungaeja dan desa tukamasea secara umum yang berjumlah kurang lebih 20 orang. Berdasarkan hasil wawancara saya dengan pengurus pokdarwis bungaeja Kak Alam, beliau menjelaskan bahwa sumber dana (anggaran) pembuatan wisata ini sepenuhnya berasal dari Dana Desa (DD) tahun anggaran 2019 dan dilanjut di tahun anggaran 2020. Anda tidak akan sulit menemukan detailnya karena paparan transparansi anggaran yang digunakan terpasang di papan informasi yang bisa dilihat di pintu masuk kolam bungaeja.

Untuk membuat wisata ini bisa dinikmati dan menjadi sumber pendapatan desa dan warga setempat pelaksana mematok harga tiket masuk sebesar Rp.2000/Anak Kecil dan Rp.5000/Orang Dewasa, selain itu biaya parkir saat ini di patok sekitar Rp.5000/kendaraan dan sewaktu-waktu bisa naik seiring dengan peningkatan fasilitas di area wisata ini.
Kolam Dolli Primadona Permandian Baru di Bantimurung Maros
Tiket Masuk Wisata Permandian Dolli Bungaeja, Tiket Biru (Anak-anak), Tiket Putih (Dewasa)


Karena di karcis menuliskan kategori anak-anak dan orang dewasa artinya ada 2 jenis kolam permandian yang disediakan yaitu Kolam Anak dengan ketinggian air maksimal 70 cm (warna airnya biru karena tehel dasar berwarna biru) dan kolam dewasa dengan kisaran tinggi maksimal 150 cm-160 cm (warna airnya hijau bukan karena kotor/keruh namun karena warna tehel dasarnya berwarna hijau). Meskipun untuk menjernihkan air menggunakan kaporit namun tenang saja sumber airnya dari mata air alami yang berasal dari gunung yang ada di belakang kolam ini.
Kolam Dolli Bungaeja Primadona Permandian Baru di Bantimurung Maros
Tampilan Kolam Renang Anak dan Salah Satu Pelataran Kolam (Kanopi Merah)


Fasilitas lain yang disediakan kolam dolli yaitu Musholla untuk sholat, Gazebo untuk makan atau nongkrong, pelataran kolam yang jumlah nya 2 bisa digunakan untuk kegiatan rapat, berkumpul atau kegiatan musyawarah organisasi, wc yang jumlahnya 4 untuk kegiatan mandi cuci kakus (mck), shower untuk membersihkan badan setelah mandi, selain itu karena kolam ini berdekatan dengan alam maka beberapa bidang tanah kosong disekitar situ di jadikan sebagai camping ground bagian atas kolam dan dibagian bawah kolam.
Kolam Dolli Bungaeja Primadona Permandian Baru di Bantimurung Maros
Tampilan Kolam Dewasa yang memiliki batu Unik,Gazebo dan Lokasi Camping Ground


Jangan takut kelaparan jika anda berkunjung ke wisata ini karena di sekitaran kolam pengelolah menyediakan tempat untuk tenant berjualan makanan dan minuman yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar untuk mencari rejeki. Kedepannya pengelola akan menyediakan fasilitas food court yang memadai agar para pengunjung bisa dengan nyaman bersantap.
Wisata Permandian Dolli Bungaeja
Foto Bersama Member Jalan-Jalan Seru Maros di Pelataran 1, Musholla, WC, dan Food Court di Wisata Permandian Dolli Bungaeja


Jika anda penasaran dengan wisata baru di dusun bungaeja, desa tukamasea, kecamatan bantimurung, kabupaten maros ini anda bisa langsung mengunjunginya, karena lokasinya sudah tertandai di map dan signal di lokasi tersebut cukup baik anda bisa langsung mengklik tautan google maps ini https://goo.gl/maps/KoUW8y5vrosUaoSB8

Permandian dolli ini buka setiap hari hari (senin-minggu) kecuali pada saat pembersihan dari pukul 06:00 wita hingga 18:00 wita. Jadi tunggu apalagi jika ada kesempatan jangan lupa datang kesini untuk berwisata, menikmati alam atau praktek renang (jangan lupa rekomendasikan ke guru olahraga anda).

Demikian tulisan saya tentang salah satu destinasi wisata primadona baru yaitu kolam permandian dolli bungaeja di kabupaten Maros ini, terima kasih saya ucapkan kepada pengelola (pokdarwis bungaeja) karena memberikan kami (Komunitas Jalan-Jalan Seru) kesempatan untuk berkunjung dan menjajal wisata baru ini, yang kelak akan menjadi salah satu wisata permandian kolam yang diperhitungkan di Kabupaten Maros.

Halo Cari Apaki? Ketikmi