Sabtu, 06 Februari 2021

Fokus Menulis Untuk Apa ?

Pramoedya Ananta Toer pernah berkata “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.”. 


Namun bagi saya menulis merupakan sebuah cara untuk mengikat ilmu karena untuk menulis kita harus banyak membaca, perlu banyak kosakata dan diksi yang menarik. Bukan hanya itu menulis merupakan seni membuat rangkaian kata yang menarik untuk dibaca guna memacu otak untuk berimajinasi.

Fokus Menulis Untuk Apa ?

Kesimpulan saya diatas merupakan jawaban saya untuk pertanyaan Fokus Menulis Untuk Apa ?. Mengapa saya harus menjawab pertanyaan tersebut karena dulu saya menulis dengan motivasi lain, tapi sebelumnya izinkan saya menceritakan pengalaman saya dari menulis hingga mencoba untuk fokus dan konsisten menulis.


Pada tahun 2009 awal saya mengenal yang namanya blog waktu itu saya masih duduk di bangku kelas XI SMA/SMK. Saya mengenal blog atau istilah kerennya dulu blogger melalui Komunitas Blogger Maros (Buttasalewangang) sebagai anak ingusan pada saat itu, saya mencoba belajar dari berbagai suhu dengan motivasi awal bisa mendapatkan uang secara online melalui blogger, yang mungkin saya pada tahun 2009 itu belum banyak orang yang berpikir bisa mendapatkan uang dari internet dan tidak sedikit juga orang menganggap kegiatan blogging merupakan hal yang sia-sia alias mendapatkan uang dari internet itu adalah Hoax.


Berbekal motivasi mendapatkan uang dari internet saya pun membuat blog menggunakan platform blogger, beberapa hari berlalu jadilah blog saya namun pusing karena tidak tau mau menulis apa ? sebagai newbie pastilah saya banyak bertanya, berdasarkan referensi sayapun membuat blog download aplikasi bajakan, game bajakan, pokoknya serba bajakan karena katanya lebih mudah mendapatkan uang melalui iklan popads., shortener link hingga iklan tombol download. Maklum saja pada saat itu adsense belum populer di kalangan blogger newbie.


Beberapa bulan berlalu blog download sayapun sudah memiliki banyak postingan copas dan traffic yang lumayan  sekitar 1K unique visitors dan sekitar 7K pageview namun karena tidak sekuat dan sehandal para suhu saya hanya mendapatkan penghasilan dari shortner link sekitar $1.05/bulan dan 6 bulan hanya dapat sekitar $6-7 Hiks. Tapi lumayan yah untuk blogger newbie anak sekolahan ngumpul receh untuk dimasukkan ke paypal hitung-hitung untuk bayar domain .com pertahun haha. Akhirnya saya mulai menyerah untuk menjadi blogger.


Setelah menyelesaian sekolah sayapun bekerja sekitar 6 bulan di salah satu perusahaan swasta ternama di Makassar pada bagian IT Support nya tapi bekerja di sebuah perusahaan dengan rutinitas yang itu-itu saja sepertinya bukan bagian dari passion saya akhirnya saya memutuskan untuk berhenti dan mencoba melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi untuk mengambil gelar Sarjana Komputer pada tahun 2012 silam.


Karena berkuliah dengan biaya sendiri itu mahal sayapun kembali berpikir tentang biaya tambahan sayapun kembali berpikir untuk menjadi blogger, maka kembalilah saya pergi berguru ke padepokan komunitas blogger maros dan alhamdulillah di akhir tahun 2012 itu Google Adsense, idBlogNetwork, Cikita, Kliksaya, Innity, Adplus, dan Infolinks lagi marak-maraknya dikalangan blogger dan juga memberikan revenue yang sangat banyak.


Namun untuk menjadi publisher di salah satu layanan cpc tersebut harus mengikuti pedoman kebijakannya (TOS). Saat itu saya tertarik mendaftar di Google Adsense yang syarat dan ketentuannya saya harus membuat konten tulisan yang menarik, orisinil, tidak melakukan plagiasi dan harus memiliki traffic yang organic dari mesin pencari.


Misi untuk di approve adsense pun mulai saya jalankan, saya mulai menulis tulisan yang orisinil dengan gaya menulis saya sendiri, awalnya sulit namun saya mencoba membaca 4-5 referensi yang berkaitan dengan tulisan yang akan saya buat alhasil tulisan pertama saya pun jadi dengan perasaan senang dan gembira pada tulisan orisinil saya yang pertama, saya pun membagikan tulisan saya ke seluruh media sosial yang saya miliki dan meminta kerabat maupun teman dekat untuk mengunjungi blog saya dan membaca tulisan saya tersebut.


Setelah mencapai 10 tulisan orisinil pertama saya di pertengah 2013 saya mulai mendaftarkan blog saya pada saat itu artikelampuh.blogspot.com untuk menjadi salah satu publisher pada tengah malam waktu itu dan alhamdulillah tidak butuh waktu lama pagi harinya sudah mendarat surat cinta di inbox google saya yang menyatakan blog saya memenuhi syarat untuk menjadi publisher adsense dan mulai bisa menampilkan iklan. Otomatis dong jadi semngat nulis karena saat ini setiap menulis berpotensi mendatangkan pundi-pundi dollar.


Kabar baiknya selama beberapa bulan konsisten menulis dengan 2-3 konten tulisan perhari setelah di terima adsense akhirnya pada desember 2013 saya menerima payout pertama saya sebesar $163.86 yang diambil dalam bentuk rupiah Western Union di kantor pos terdekat  hanya dengan membawa KTP dan No Western Union MTCN.

Payout Pertama dari Google Adsense
Payout Pertama saya dari Google Adsense

Mulai saat itu fokus menulis saya hanya untuk target payout tiap bulan tanpa memperdulikan kualitas konten saya bahkan untuk mengejar keyword tertentu tidak jarang saya mengcopy paste beberapa artikel orang. Dari Desember 2013 payout saya lancar tiap bulan hingga Maret 2016 semua berubah setelah algoritma penguin menyerang. Yah Maret 2016 merupakan payout saya dari blog yang terakhir bersamaan dengan itu saya pun jarang menulis bahkan sempat fakum untuk beberapa tahun dan memilih fokus bekerja sebagai pendidik (guru/dosen).


Beberapa tahun mengajar saya sering membuat materi, maupun tutorial belajar untuk siswa/mahasiswa saya setiap tahun mengulang materi dan tutorial yang sama hal itu membuat saya berpikir "mengapa saya tidak membagikan materi, tugas, hingga pengalaman saya di blog yah ?". Tanpa pikir panjang saya kembali membuat blog hanya untuk menulis materi/bahan ajar saya, pengalaman perjalanan saya ke berbagai tempat wisata hingga berbagi opini untuk dibaca orang lain tanpa memikirkan revenue dari adsense lagi.


Namun itu saja tidak cukup untuk membuat saya konsisten menulis, tapi akhir 2020 kemarin saya melihat postingan salah satu senior saya tentang 1 Minggu 1 Cerita, tanpa pikir panjang saya langsung daftar dengan harapan saya ini bisa membuat saya konsisten menulis minimal 1 minggu saya punya 1 tulisan baru dan nampaknya Its Work. Terima Kasih #1m1c telah memelihara semangat menulis ini.


Kesimpulan dari penglaman saya dalam menulis ini menjawab pertanyaan besar saya "Fokus Menulis Untuk Apa ?" jawaban saya jelas menulis adalah cara saya untuk mengikat ilmu, berbagi cerita kepada orang lain dan membuat saya termotivasi untuk berliterasi dan memberikan klarifikasi untuk hal-hal tidak benar yang bertebaran di internet.


Terima kasih sudah membaca tulisan saya ini, Kalo kalian fokus menulisnya untuk apa ? jangan lupa berikan jawaban kalian di kolom komentar yah. Oh iya sekedar info blog ini ada adsensenya loh tapi sekali lagi saat ini saya menulis tanpa fokus lagi ke revenue, saat ini saya menganggap revenue merupakan bonus dari manfaat yang orang dapatkan di blog www.abdhisas.com.

  1. Fokus menulisnya untuk sekedar berbagi dan belajar menulis lebih baik lagi si kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap kak saat ini orientasi fokus menulis saya memang untuk berbagi dan meningkatkan kualitas tulisan..

      Tetap menulis kaks

      Hapus
  2. sampai sekarang fokus menulisnya masih belum berubah mas "todays little moment become tommorows precious memories" yang berubah konsistennya dan bener aq juga ikutan 1m1c untuk menjaga konsisten menulis setiap minggu paling tidak ada 1 tulisan di blog

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mantap sih mbaaa
      "todays little moment become tommorows precious memories"
      dengar kata itu langsung terpikir juga sih.....

      intinya menulis dulu, meskipun susunannya masih belum sempurna, yang jelas di asa dulu

      Semangat menulis nya kak
      meskipun 1 tulisan 1 minggu hehe

      Hapus
  3. Iya aku juga suka menulis tapi masih dirasa kurang beruntut kalau menulis , jadi memang butuh jam terbang juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kak betul untuk saat ini, menulis saja dulu
      semakin banyak menulis semakin memperbaiki kualitas tulisan

      Hapus

Halo Cari Apaki? Ketikmi