Rabu, 10 Februari 2021

Mengenal 13 Keterampilan Hidup Pada Kurikulum Pendidikan Keterampilan Hidup

Sebagai seorang guru saya sangat bersyukur mendapatkan kesempatan untuk meningkatkan kapasitas melalui kegiatan Guru Belajar yang ada di Portal Layanan Program GTK Kemendikbud. Seperti yang kita ketahui kegiatan guru belajar merupakan Program pembelajaran yang dirancang untuk membantu sebanyak mungkin GTK dalam melakukan pembelajaran jarak jauh.


Saya sudah menyelsaikan beberapa kursus sebelumnya diantaranya yaitu Seri Guru Belajar Masa Pandemi Covid-19, Assessment Komptensi Minimum. Nah kali ini saya berkesempatan mengikuti Seri Guru Belajar Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) Angkatan ke 3.


Pada Materi Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH) membahas tentang bagaimana cara mendukung remaja ntuk mengembangkan dan menggunakan berbagai keterampilan sesuai dengan konteks individu mereka.


Setelah membaca tentang pengantar pendidikan keterampilan hidup saya langsung di perkenalkan dengan 13 keterampilan hidup yang akan dibahas dalam kurikulum pendidikan keterampilan hidup yang harus guru ketahui untuk diperkenalkan ke siswa. Apa saja 13 keterampilan hidup tersebut ? Mari simak penjelasan dibawah ini.

Mengenal 13 Keterampilan Hidup Pada Kurikulum Pendidikan Keterampilan Hidup


Keterampilan Hidup pada Pendidikan Keterampilan Hidup (PKH)


1. Mengatur Diri Sendiri

Mengatur diri sendiri merupakan kemampuan untuk memahami dampak potensial dari pikiran dan tindakan seseorang dari diri mereka sendiri dan orang lain, dan mengubahnya jika diperlukan.


2.Kreativitas

Kreativitas merupakan kemampuan untuk melakukan pendekatan terhadap permasalahan dan tugas, dengan cara-cara yang baru dan berbeda.


3.Berpikir Kritis

Berpikir Kritis merupakan kemampuan untuk menganalisis informasi secara menyeluruh, termasuk membedakan antara mitos dan fakta, dan mempertimbangkan berbagai pendapat dan sudut pandang.


4.Berpartisipasi

Berpartisipasi merupakan kesediaan untuk menjadi bagian dari sebuah kegiatan tim atau diskusi kelompok.


5.Berempati

Berempati merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan perasaan orang lain.


6.Menghargai Perbedaan

Menghargai perbedaan merupakan kemampuan untuk menghargai dan menilai orang yang berbeda-beda, berikut dengan perspektif, kepercayaan, ide, dan pendapat mereka.


7.Mengambil Keputusan

Mengambil keputusan merupakan kemampuan untuk memilih tindakan terbaik dari berbagai kemungkinan, dan mempertimbangkan akibat-akibat (konsekuensi-konsekuensi) dari keputusan yang berbeda-beda.


8.Bernegosiasi

Bernegosiasi merupakan kemampuan untuk mempertimbangkan kebutuhan dan perspektif yang berbeda dari sekelompok orang, untuk mencapai hasil terbaik bagi semua orang yang terlibat di dalamnya.


9.Bekerja Sama

Bekerja sama merupakan kemampuan untuk bekerja sama dengan orang lain untuk menuju sebuah tujuan bersama.


10.Menyelesaikan Masalah

Menyelesaikan masalah merupakan kemampuan untuk menyelesaikan masalah untuk kepuasan semua pihak yang terlibat.


11.Berkomunikasi

Berkomunikasi merupakan kemampuan untuk mengungkapkan ide dan keyakinan seseorang dengan cara yang meyakinkan.


12.Resilien (Ketangguhan/Ketahanan)

Resilien merupakan kemampuan untuk "bangkit kembali" setelah melewati pengalaman-pengalaman yang sulit.


13.Mengelolah Stress dan Emosi

Mengelolah stress dan emosi merupakan kemampuan untuk mengidentifikasi dan mengelola perasaan dan emosi.


Setelah membaca tentang 13 Keterampilan Hidup yang ada di dalam Kurikulum PKH tersebut saya langsung berpikir dan membayangkan bagaimana jika seluruh siswa saya menguasai keterampilan hidup ini ? Pasti akan banyak sekali masalah yang terselesaikan, mereka saling mendukung, mereka dapat memelihara optimisme dan pastinya setelah lulus sekolah mereka sudah mampu untuk hidup bermasyarakat dengan baik tanpa membuat saya sebagai gurunya khawatir.


Setelah mempelajari tentang pendidikan keterampilan hidup dengan seksama dan selesai, saya akan mencoba berbagi beberapa refleksi yang saya dapatkan dari pembelajaran tersebut ke dalam tulisan saya. Jika teman-teman minat berdiskusi. mari berdiskusi di kolom komentar yang ada dibawah ini.

  1. Dari 13 itu yg mana paling penting utk segera dilakukan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya dari 13 itu selalu dimulai dari prioritas pertama yaitu mengatur diri sendiri....maka ke 12 nya akan mendapat efek domino yang signifikan.

      Hapus

Halo Cari Apaki? Ketikmi