Kamis, 11 Februari 2021

Pengenalan PHP - Pengertian dan Sejarah PHP - Belajar PHP Dasar 1

Pengenalan PHP - Belajar PHP Dasar, Sebelum belajar tentang PHP sebaiknya mari kita mengenal PHP terlebih dahulu, mulai pengertian PHP, sejarah singkat PHP hingga kegunaan dan implementasi PHP dalam sebuah program aplikasi.

Pengenalan PHP - Pengertian dan Sejarah PHP - Belajar PHP Dasar 1

Pengertian PHP

PHP (Hypertext Preprocessor) adalah bahasa pemrograman yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memprogram situs web dinamis, PHP juga dapat digunakan untuk membangun sebuah CMS (Content Management System).


PHP juga disebut sebagai bahasa pemrograman server-side karena PHP diproses pada komputer server. Hal ini berbeda jika dibandingkan dengan bahasa pemrograman client-side seperti JavaScript yang diproses pada web browser.


Pada artikel belajar php kita akan belajar tentang dasar-dasar bahasa pemrograman PHP. Jika kalian ingin menjadi web developer maka PHP bisa kalian andalkan untuk membuat website dinamis bahkan website yang berskala besar.


Sejarah Singkat PHP

Pada awalnya PHP merupakan kependekan dari Personal Home Page. PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya berupa sekumpulan kode yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web.


Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak programmer yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.


Pada November 1997 PHP/FI 2.0 dirilis. Pada rilis ini, interpreter PHP sudah diimplementasikan dalam program C. Dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP/FI secara signifikan.


Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada Juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi akronim berulang. PHP: Hypertext Preprocessor.


Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis interpreter PHP baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0. PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini banyak dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.


Pada Juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek. Server web bawaan ditambahkan pada versi 5.4 untuk mempermudah pengembang menjalankan kode PHP tanpa menginstall software server.


Merujuk dari Wikipedia hingga saat ini versi terbaru dan stabil dari bahasa pemograman PHP adalah PHP versi 8.0.


Demikian sesi belajar php tentang Pengertian PHP dan Sejarah PHP, semoga membantu para pembaca untuk memahami tentang bahasa pemrograman PHP, jika ada hal yang tidak dimengerti silahkan bertanya di kolom komentar, dan kita sharing sampai sama sama mengerti. Jangan lupa baca artikel lain tentang Belajar PHP Dasar.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi