Sabtu, 06 Maret 2021

Cara Daftar Canva For Education Menggunakan Akun Belajar.id

Beberapa minggu yang lalu saya mendapatkan informasi tentang akun pembelajaran dengan domain belajar.di, akun ini merupakan inisiasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) yang bergunakan untuk peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mengakses layanan pembelajaran berbasis elektronik.


Setelah mendapatkan informasi tentang akun belajar.id saya langsung menghubungi operator sekolah yang akhirnya memberikan akun saya, dan saya pun langsung searching kegunaan dari akun belajar.id ini, ternyata fungsi dari akun ini banyak sekali salah satunya yaitu akun ini bisa digunakan untuk mendapatkan akun Canva For Education.


Ada Apa dengan Canva For Education ? Berbeda dengan Canva Free, Canva For Education merupakan program Canva yang memberikan akses gratis untuk semua guru dan siswa sekolah K-12. Canva dapat digunakan untuk membuat presentasi, dekorasi kelas, infografis, lembar kerja, rencana belajar, dan banyak lagi.

Cara Daftar Canva For Education Menggunakan Akun Belajar.id


Kelebihan dan Keuntungan Menggunakan Canva For Education

  • Lebih dari 420.000 template
  • Lebih dari 75 juta foto stok, video, dan grafis premium yang dapat digunakan secara gratis
  • Lebih dari 3.000 font
  • Publikasikan tugas dan aktivitas untuk siswa Anda
  • Akses konten Anda dari Google Drive, Dropbox, dan Folder
  • Buat desain Anda menarik dengan Bitmoji, Giphy, dan YouTube
  • Bagikan desain Anda melalui Google Classroom, Microsoft Teams, dan Remind.


Banyak bukan kelebihan dari Canva For Education, lalu apa syarat untuk mendapatkan akun canva for education? Syarat untuk mendaptakan akun Canva For Education yaitu :

  • Guru/Google Certified Educator/Trainer
  • Email intitusi sekolah/email belajar.id
  • Kartu Tanda Guru/Sertifikat Pendidik/Sertifikat Google Certified Educator/Trainer


Setelah memenuhi syarat selanjutnya kita akan langsung mendaftar untuk mendapatkan akun Canva For Education.


Cara Daftar Canva For Education


  1. Siapkan Akun  Email berdomain sch.id/or.id/edu/belajar.id
  2. Selanjutnya akses link https://www.canva.com/id_id/pendidikan/ lalu pilih Daftar sekarang secara gratis atau langsung ke menu pendaftaran di https://www.canva.com/edu-signup/

    1 Canva For Edu Halaman Awal

  3. Setelah halaman daftar tampil silahkan pilih Daftar dengan Google

    2 Canva For Edu Halaman Daftar

  4. Setelah itu akan muncul pilihan email google yang anda miliki (yang telah login) selanjutnya pilih akun belajar.id anda dalam hal ini saya menggunakan email saya abdillahsasxx@guru.smk.belajar.id

    3 Canva For Edu Pilih Gmail belajar id

  5. Setelah berhasil memilih email anda akan masuk di canva, silahkan pilih Get verified now

    4 Canva For Edu Get Verified Now

  6. Selanjutnya silahkan isi data diri anda dan data sekolah tempat anda mengajar, data yang dibutuhkan antara lain First Name, Last Name, Email (otomatis), School, School Website setelah selesai tekan Continue

    5 Canva For Edu Isi Data Diri dan Data Sekolah

  7. Selanjutnya anda akan diminta untuk memasukkan dokumen bukti anda sebagai guru bisa berupa Kartu Tanda Guru/Sertifikat Pendidik/Sertifikat Google Certified Educator/Trainer yang menunjukkan nama anda

    6 Canva For Edu Upload ID Card Guru

  8. Jika sudah mendaftar dengan benar pilih Continue, maka proses daftar selesai, tinggal menunggu informasi disetujui atau tidaknya melalui email yang anda daftarkan.

    7 Canva For Edu Berhasil Daftar Tunggu Disetujui


Demikian sedikit tutorial canva for education untuk para pendidik baik itu guru maupun dosen dan juga peserta didik baik siswa maupun mahasiswa yang ingin menikmati akun canva for education dengan banyak manfaatnya menggunakan akun belajar.id, harapannya saya mendapatkan email yang bunyinya akun canva for education saya disetujui. Kita tunggu saya jawaban dari pihak canva, jika sudah ada tutorial ini akan saya update.


Salam Guru Belajar, Berbagi dan Terus Bergerak.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi