Sabtu, 21 Mei 2022

Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022 Day 1

Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022 Day 1 - Halo teman-teman kali ini saya akan berbagi tentang kegiatan saya di Jawara Internet Sehat 2022. Setelah melewati berbagai proses mulai dari pendaftaran, sesi wawancara dan diakhir dengan pengumuman 100 jawara terpilih se Indonesia, dimana saya salah satu jawara terpilih yang mewakili Sulawesi Selatan.


Sebelumnya saya jelaskan dulu tentang jawara internet sehat yang saya kutip dari jawara.internetsehat.id/tentang jawara yaitu "JaWAra Internet Sehat adalah sebuah program untuk mendorong anak muda dari berbagai daerah di Indonesia untuk dapat berperan serta dalam program Indonesia Makin Cakap Digital. Dengan semangat dan kapabilitasnya, mereka akan menginisiasi dan melaksanakan edukasi literasi digital di daerahnya masing-masing.


Program ini hasil kerjasama ICT Watch dan WhatsApp dengan dukungan Kementerian Komunikasi dan Informatika, Relawan TIK Indonesia, Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi, Pemerintah Daerah dan komunitas lokal."

Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022 Day 1
Flyer dan Virtual Background Kegiatan Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022


Pada 17 Mei 2022 seluruh Jawara terpilih mendapatkan undangan dari ICT Watch untuk mengikuti kegiatan TTT (Training to Trainers) secara daring via zoom selama 2 hari, mulai dari Sabtu 21 Mei 2022 hingga Minggu 22 Mei 2022.


Kegiatan hari pertama menurut saya dibungkus dengan sangat menarik oleh panitia, yang biasa kegiatan dihari pertama itu hanya mengenal dasar-dasar tapi di TTT ini bisa dibilang materinya daging semua. Kegiatan dimulai dengan opening speech dari Mas Indriyatno Banyumuti selaku direktur ICT Watch, dilanjut oleh Mba Esther Sambo selaku Manajer Kebijakan Publik WhatsApp Indonesia, setelah dilanjut dengan arahan2 keynote speaker dari kementerian yang pertama oleh Mas Dedy Permadi selaku G20 DEWG Co-Chair, Kemkominfo dan Mba Alia Laksono selaku Staf Khusus Bidang Kreativitas dan Inovasi Kaum Milenial, Kemenpora.

Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022 Day 1
Opening Speech dari WhatsApp Indonesia, Kemkominfo dan Kemenpora


Sesi opening di akhir dengan perkenalan 100 Jawara Internet Sehat 2022 dari 33 Provinsi dan 76 Kabupaten/Kota yang di pandu oleh Mas Khusnul Aflah dengan cara menyebutkan nama masing-masing jawara beserta asal provinsi mereka, saya pun ikut diperkenalkan sebagai perwakilan dari Kabupaten Maros dan Provinsi Sulawesi Seletan.


Setelah sesi perkenalan kegiatan dilanjut dengan penyampaian 3 materi yang sangat menarik dengan narasumber yang keren-keren, materi pertama Tetap Aman di WhatsApp oleh mba Eshter Sambo, kedua materi Keamanan Digital di Tengah Keluarga oleh mba Yulia (Keluarga Kita) dan terakhir berbagi Praktik Baik Jawara Internet Sehat oleh para Jawara Internet Sehat 2021 dari mas Andy Rizky (Sulawesi Tengah) dan mba Nurliya (Nusa Tenggara Barat).

Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022 Day 1
Jawara Internet Sehat 2022 dari Provinsi Sulawesi Selatan


Kesimpulan dari keseluruhan materi yaitu dalam menggunakan gadget dan mengelolah informasi kita harus pandai membedakan informasi terpercaya dan informasi hoax agar tidak menerima informasi yang salah, selain mengedukasi diri sendiri kita juga harus mampu mengedukasi keluarga kita dan menerapkan kemampuan literasi digital dalam kegiatan parenting agar keluarga kita terhindar dari ancaman digital yang ada di dunia maya.


Sesi TTT hari ini diakhiri dengan kegiatan Q&A dan menyimpulkan hasil pembahasan Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022, kegiatan ini TTT masih akan berlanjut esok hari dengan materi yang tidak kalah seru dari hari ini.

Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022 Day 1
Foto Bersama Para Peserta Training to Trainers Jawara Internet Sehat 2022


Tetap stay tune di blog saya yah, jika waktu dan mood memungkinkan, saya akan kembali menulis dan berbagi pengalaman-pengalaman menarik saya dalam mengikuti kegiatan Jawara Internet Sehat 2022, mulai dari TTT, sesi mentoring, perencanaan, pelaksanaan kegiatan, hingga pelaporan dan evaluasi nanti. Mari belajar bersama untuk menusantarakan literasi digital demi mendukung gerakan Indonesia Semakin Digital.

Halo Cari Apaki? Ketikmi