Senin, 22 Juni 2020

Menikmati Keindahan Dusun Bara Dari Puncak Bukit Ce'da

Tompobulu merupakan salah satu kecamatan di kabupaten maros yang memiliki segudang destinasi wisata alam yang layak di kunjungi mulai dari air terjun, sungai, pemandangan gunung, bukit hingga kehidupan desa yang menyenangkan semuanya ada di daerah tompobulu.

Meskipun memiliki banyak destinasi wisata namun akses jalan untuk menuju lokasi-lokasi yang menarik masih membutuhkan perjuangan karena jalan beton masih belum menyentuh keseluruhan daerah kecamatan tompobulu.

Meskipun dengan segala keterbatasan yang ada di tompobulu, tidak bisa menghalangi rasa penasaran dan ketertarikan saya untuk mengunjungi tempat-tempat menarik yang masih jarang di kunjungi oleh para traveller lainnya.
Menikmati Keindahan Dusun Bara Dari Puncak Ce'da
Bukit Ce'da, Dusun Bara, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros

Pekan ini saya dan kawan-kawan saya melakukan perjalanan ke dusun bara yang merupakan salah satu dusun yang ada di desa bontomanurung, kecamatan tompobulu. Saya mengunjungi salah satu bukit yang menyerupai bukit teletubbies, bukit tersebut bernama Bukit Ce'da.

Bukit Ce'da dinamakan bukit telletubbies oleh warga sekitar karena bentuknya menyerupai bukit teletubbies yang ada di televisi, padang rumput luas membentang dengan latar belakang matahari pagi dan dikelilingi gunung-gunung dengan udara yang sejuk.
Bukit Ce'da, Dusun Bara, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros
Padang Rumput Luas di Bukit Ce'da

Apa yang menarik dari bukit ce'da selain padang rumput nya yang luas, yaitu pemandangan ketinggiannya, pada malam hari kita dapat melihat terangnya kabupaten maros dan kabupaten gowa dari ketinggian yang kurang lebih 800-900 MDPL.

Untuk menikmati suasana malam tentunya anda harus camp di tempat ini, jangan khawatir untuk lokasi camp karena padang rumput ini sangat luas, jadi semua tempat bisa digunakan sebagai camping ground namun yang harus anda perhatikan yaitu penggunaan tenda, sebaiknya anda menggunakan tenda yang tahan dengan terjangan angin kencang, karena kasus yang pernah kami alami tenda yang fibernya rapuh dengan pemasangan tidak kuat akan terbang dan hilang bersama angin.
Bukit Ce'da, Dusun Bara, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros
Camping Ground Bukit Ce'da

Jika anda ingin berkunjung ke bukit ce'da di desa bara anda harus menempuh perjalanan panjang dan ekstrim, dari kota maros anda harus melakukan perjalanan kurang lebih 1 jam ke tompobulu melalui jalur air terjun pungbunga lalu melanjutkan perjalanan kurang lebih 4 jam menggunakan kendaraan ke dusun bara, dari dusun bara kurang lebih 45 menit lagi mencapai bukit ce'da menggunakan motor. jadi perjalanan kita membutuhkan kurang lebih 6 jam dari maros kota menggunakan motor.
Bukit Ce'da, Dusun Bara, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros
View Dusun Bara dari Ketinggian Bukit Ce'da

yang perlu diperhatikan yaitu motor yang digunakan sebaiknya motor trail karena medan jalan masih berupa jalan bebatuan dan di dominasi oleh tanah merah yang ketika hujan akan membuat jalur semakin ekstrim. Jika anda merasa tidak yakin untuk mengendarai motor maka sebaiknya titipkan motor anda dirumah warga bara yang sangat ramah dan baik lalu lanjutkan perjalanan anda dengan berjalan kaki.

Spoiler Alert !!! setelah menikmati bukit ce'da di pagi dan malam hari, jika anda beruntung anda bisa meminta tolong warga sekitar untuk diantar menuju spot air terjun yang sangat terkenal di daerah ini yaitu air terjun penyong untuk menyegarkan diri anda dan tentunya untuk menambah koleksi foto anda di destinasi wisata yang menarik nan indah.
Bukit Ce'da, Dusun Bara, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros
Tim Ekspedisi Bukit Ce'da Dusun Bara

Demikian tulisan saya kali ini tentang Puncak Ce'da yang ada di Dusun Bara, Desa Bontomanurung, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia ini sampai ketemu di perjalanan seru lainnya. Jika ada yang ingin pembaca tanyakan jangan sungkan untuk meninggalkan jejak di kolom komentar di bawah ini.

See You Pembaca Seru.

Posting Komentar

Halo Cari Apaki? Ketikmi